SOLOPOS.COM - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Musim kemarau berkepanjangan bukan hanya melanda Indonesia, namun juga Arab Saudi. Sampai-sampai, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud mengimbau masyarakatnya untuk melaksanakan Salat Istisqo atau Salat Minta Hujan.

Raja Salman menyerukan agar semua masyarakat di Arab Saudi menunaikan Salat Istiqa pada Kamis (31/10/2019). "Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, menyerukan pelaksanaan Salat Istisqa di seluruh Kerajaan Kamis depan," demikian pernyataan resmi Kerajaan Arab Saudi seperti dikutip dari Saudi Press Agency.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemerintah Arab Saudi menegaskan bahwa Salat Istisqa atau Salat Minta Hujan adalah ajaran Rasulullah Muhammad SAW yang harus ditiru. "Penjaga Dua Masjid Suci meminta semua orang agar berdoa kepada Allah untuk meminta ampunan dan belas kasih-Nya," lanjut pernyataan resmi Kerajaan Arab Saudi.

Dikutip dari Detik.com, Selasa (29/10/2019), Rasulullah dan para sahabat mengerjakan Salat Istisqa dan memanjatkan doa minta hujan ketika menghadapi kemarau panjang. Salat Minta Hujan dikerjakan Nabi Muhammad SAW empat tahun sebelum Beliau wafat.

Kala itu, wilayah Madinah dilanda kekeringan hampir satu tahun. Umat Islam pun dibuat kesusahan sehingga meminta Rasulullah agar berdoa kepada Allah untuk menurunkan hujan.

Rasulullah menyanggupi permintaan tersebut dengan melakukan Salat Istisqa di Masjid Gammah yang terletak 500 meter dari Masjid Nabawi di Madinah. Rasulullah kemudian memimpin umat Islam untuk melakukan Salat Istisqa.

Beberapa hari setelah Salat Istisqa, hujan pun turun di sekitar Madinah. Salat Istisqa pernah beberapa kali dilakukan selama hidup Nabi.

Setelah Nabi Muhammad wafat, Madinah beberapa kali terjadi kemarau panjang dan kekeringan. Itu terjadi di masa khalifah Umar bin Khattab. Khalifah ke-2 setelah Abu Bakar Ash Siddiq itu pun mengerjakan Salat Minta Hujan dan memanjatkan doa minta hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya