SOLOPOS.COM - Ilustrasi kekeringan. (JIBI/Solopos/Dok.)

Kemarau 2017 menyebabkan kekeringan di sejumlah wilayah Jateng, namun Kabupaten Batang diklaim aman dari krisis air bersih.

Semarangpos.com, BATANG — Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng) mengklaim wilayah yang menjadi tanggung jawabnya masih aman dari krisis air bersih pada musim kemarau 2017 ini. Kendati kekereingan melanda sejumlah daerah di Jateng, debit air di sejumlah sumber air di Kabupaten Batang masih terbilang normal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang, Yesaya Simanjuntak di Batang, Senin (28/8/2017), mengatakan bahwa hingga saat ini di sejumlah wilayah rawan kekeringan masih terpantau aman dari air bersih. “Berdasar kondisi tahun sebelumnya, wilayah Kabupaten Batang masih cukup aman dari potensi kekeringan saat memasuki musim kemarau,” katanya.

Menurut dia, pemkab telah menerima dua laporan dari masyarakat terkait kekurangan air bersih di Desa Kemiri Barat, Kecanatan Subah, Bandar, dan Kecamatan Wonotunggal di tengah musim kemarau 2017 ini. “Akan tetapi setelah kami lakukan pengecekan, ternyata di dua wilayah tersebut masih cukup air bersih untuk kebutuhan air minum maupun memasak,” katanya.

Ia mengatakan hingga saat ini, pemkab belum menerima adanya laporan turunnya debit air sumur milik warga sehingga tidak bisa digunakan untuk memasak maupun mandi. Kendati demikian, kata dia, pemkab siap mendropingm pasokan air bersih pada wilayah desa yang mengalami kekurangan air bersih.

“Justru kami prihatin adanya dampak aktivitas galian C di Kecamatan Wonotunggal dan Bandar yang mengakibatkan aliran sungai menjadi keruh padahal sebelumnya air berwarna jernih,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya