SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com) – Setiap orang dituntut pintar berkomunikasi dengan siapapun. Oleh karena itu sejak sekolah, seorang siswa hendaknya mengasah kemampuan berkomunikasi dengan siapapun. Saran itu disampaikan salah satu alumnus SMA Pangudi Luhur Santo Yosef, Solo, yang kini bekerja sebagai pilot, Bambang Priyambodo, saat menjadi pembicara seminar dalam rangkaian kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) di aula SMA PL Santo Yosef, Sabtu (16/7/2011). Menurut Bambang, komunikasi adalah hal yang sangat penting dan bermakna dalam upaya mencapai keberhasilan.

Pembicara lainnya dari kalangan psikolog, Maria S Ekowati, mengungkapkan 10 tanda kemunduran suatu bangsa antara lain meningkatnya perilaku kekerasan di kalangan remaja/pelajar, penggunaan bahasa yang cenderung memburuk, pengaruh teman lebih kuat daripada orangtua dan guru, meningkatnya perilaku penyalahgunaan seks, Narkoba, rokok dan lainnya, merosotnya perilaku moral dan meningkatnya egoisme, rendahnya rasa hormat kepada orang lain. “Pada masa remaja hendaknya seseorang dapat menerima peran jenis kelamin, mencapai kemandirian secara emosional, menerima kondisi fisik dan menggunakan tubuh secara efektif, memiliki nilai, etika dan integritas yang digunakan sebagai pedoman hidup,” jelasnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Maria juga mengingatkan, guru yang pertama dan utama bagi seorang anak adalah orangtua. Seharusnya orangtua harus memahami kondisi psikologis remaja, mendorong, meningkatkan dan mengembangkan motivasi anak untuk belajar menjadi dewasa, memiliki integritas dan berdaya juang, memberikan stimulasi dengan pola asuh yang demokratis dan komunikatif.

ewt

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya