SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendidikan SMP. (Solopos/Wishnu Paksa)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo menerbitkan surat edaran yang dikirim ke setiap SMP negeri terkait pengumuman kelulusan siswa secara online(daring).

Para siswa diminta menanti pengumuman kelulusan di rumah saja. Pengumuman kelulusan siswa SMP dilaksanakan pada Jumat (4/6/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Guna mencegah arak-arakan dan konvoi pada masa pandemi Covid-19, kelulusan diumumkan secara online. Konvoi atau arak-arakan berpotensi terjadi kerumunan massa yang berisiko dalam transmisi penularan virus corona.

Baca Juga: Penerima Bantuan Pangan Nontunai Sukoharjo Bertambah 5.384 Keluarga

Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdikbud Sukoharjo, Warsini, mengatakan surat edaran telah dilayangkan ke setiap sekolah pada beberapa hari lalu. Dalam surat itu disebutkan kelulusan siswa SMP Sukoharjo dilakukan secara online untuk mencegah kerumunan.

“[Pengumunan kelulusan siswa SMP] tidak ada yang luar jaringan atau luring. Sekarang masih masa pandemi Covid-19 sehingga para siswa dilarang berkerumun. Lebih baik menanti pengumuman kelulusan pada sore hari di rumah,” katanya saat ditemui Solopos.com di kantornya, Kamis (3/6/2021).

Warsini meminta para orang tua/wali murid mengawasi anak mereka saat pengumuman kelulusan siswa. Orang tua atau wali bisa mengingatkan anak agar tidak bepergian keluar rumah saat sekolah mengumumkan kelulusan.

Baca Juga: Angka Kematian Pasien Covid-19 Sukoharjo Naik, Nguter Paling Tinggi

Antisipasi Aksi Konvoi

Pada 2020, pola serupa juga diterapkan saat pengumuman kelulusan SMP lantaran tren kasus Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo cenderung meningkat. Saat itu, tidak ada siswa yang merayakan kelulusan dengan berkonvoi keliling wilayah Sukoharjo.

“Saya harap seperti tahun lalu, tidak ada siswa yang arak-arakan di jalan raya. Ini bagian dari menjalankan protokol kesehatan pencegahan pandemi Covid-19,” ujarnya.

Disdikbud Sukoharjo juga telah berkoordinasi dengan Polres Sukoharjo untuk mengantisipasi aksi konvoi dan arak-arakan para siswa yang merayakan kelulusan di jalan raya. Apabila ada siswa yang nekat melakukan konvoi bakal dibubarkan oleh aparat kepolisian.

Baca Juga: Waduh! Kapolsek Tulung Klaten Diancam Dibunuh Saat Bubarkan Kerumunan di Pemancingan

Lebih jauh, Warsini menambahkan tengah melakukan persiapan pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP tahun ajaran 2021/2022 secara online yang dilaksanakan mulai 21 Juni.



Pelaksanaan pendaftaran PPDB jenjang SMP menggunakan dua jalur yakni lingkungan rukun warga (RW) serta zonasi, afirmasi, prestasi dan perpindahan tugas orang tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

RM BTS akan Rilis Album Solo Kedua pada Mei 2024

RM BTS akan Rilis Album Solo Kedua pada Mei 2024
author
Newswire , 
Astrid Prihatini WD Jumat, 26 April 2024 - 22:36 WIB
share
SOLOPOS.COM - RM BTS dalam balutan seragam militer. (Instagram @rkive)

Solopos.com, SOLO-Solois dan salah satu anggota dari grup idola BTS, yakni RM akan segera merilis album solo keduanya bertajuk Right Place, Wrong Person pada 24 Mei 2024 pukul 13.00 waktu Korea Selatan. Simak ulasannya di kabar artis Korea Selatan ini.

Dikutip dari Soompi, Kamis (25/4/2024) waktu Korea Selatan, BIGHIT MUSIC mengumumkan tentang perilisan album terbaru RM. Penggemar pun dapat melakukan pra pemesanan album Right Place, Wrong Person mulai Jumat (26/4/2024) pukul 11,00 pagi waktu Korea Selatan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Halo. Ini adalah BIGHIT MUSIC. Kami dengan senang hati mengumumkan perilisan ‘Right Place, Wrong Person,’ album solo kedua anggota BTS RM,” kata BIGHIT MUSIC dikutip dari Antara pada Jumat (26/4/2024).

Menurut BIGHIT, Right Place, Wrong Person adalah album  kedua RM BTS berisikan 11 lagu yang menangkap beberapa emosi universal dan dialami hampir semua orang dalam beberapa titik dalam kehidupan, seperti perasaan menjadi orang luar yang tidak cocok dengan lingkungannya.

Koran Solopos

BIGHIT juga menambahkan bahwa album Right Place, Wrong Person termasuk ke dalam genre lagu alternatif. Album ini akan diperkuat dengan suara yang kaya, serta lirik yang jujur dari RM.

“Antisipasi dan dukungan Anda untuk RM dan album solo keduanya ‘Right Place, Wrong Person’ akan sangat dihargai,” tutup BIGHIT.

Sebelumnya, RM telah merilis album solo pertamanya bertajuk Indigo pada Desember 2022. Mengutip dari Billboard, album tersebut berhasil memuncak di posisi ke-3 di semua genre Billboard 200.

Emagazine Solopos

Album tersebut menampilkan beberapa artis, termasuk Anderson .Paak, Erykah Badu, dan lainnya. Single utamanya, Wild Flower, yang menampilkan Youjeen pun sukses memulai debutnya dan memuncak di posisi 83 Billboard Hot 100.

Jauh sebelum itu, RM juga pernah merilis dua mixtape, yakni RM (2016) dan Mono (2018). Saat ini, RM bersama keenam anggota BTS lainnya sedang menjalani wajib militer (wamil) dan akan kembali secara utuh sebagai BTS pada 2025.

Terkait album keduanya, sebelumnya RM BTS telah membuat akun Instagram khusus di luar akun pribadinya yang memuat aktivitas rekaman pada November 2023. Akun Instagram tersebut memiliki username @rpwprpwprpwp.

Interaktif Solopos

Setelah beberapa bulan, baru terungkap bahwa akun tersebut dibuat khusus untuk album barunya kali ini. RM juga menuliskan “team rm” pada bio akun tersebut. Adapun username akun tersebut diambil dari singkatan judul album solo keduanya, Right Place, Wrong Person (RPWP).

Menjelang perilisannya, leader grup Kpop BTS bermama asli Kim Namjoon itu akan mengungkap beragam konten untuk memberikan gambaran sekilas tentang album barunya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Menunggu Lawan Timnas U-23 di Semifinal, Uzbekistan Unggul 1-0 Atas Arab Saudi

Menunggu Lawan Timnas U-23 di Semifinal, Uzbekistan Unggul 1-0 Atas Arab Saudi
author
Abu Nadzib , 
Abu Nadzib Jumat, 26 April 2024 - 22:30 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pemain Uzbekistan U-23, R. Jiyanov dibayang-bayangi pemain Arab Saudi U-23 saat kedua tim bertemu di babak perempatfinal Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (26/4/2024) malam WIB. Pemenang dari laga ini akan bertemu Timnas U-23 Indonesia untuk memperebutkan satu tiket ke Olimpiade Paris 2024. (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Uzbekistan unggul 1-0 atas Arab Saudi di babak perempatfinal Piala Asia U-23 yang digelar di Stadion Abdulah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) malam ini.

Jika skor ini bertahan hingga akhir laga maka Uzbekistan akan menjadi lawan Indonesia di semifinal untuk memperebutkan satu tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Uzbekistan unggul pada menit ke-45+2 melalui tendangan kaki kanan Husain Norchaev memanfaatkan assist dari Abbosbek Fayzullaev.

Setelah mencapai target lolos ke semifinal, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengajak Skuad Garuda Muda untuk menatap asa yang lebih besar yakni menjuarai Piala Asia U-23.

Koran Solopos

Harapan itu bukan mustahil melihat performa Garuda Muda saat ini. Berada di grup neraka, Indonesia sukses mengalahkan tim-tim kuat yakni Australia, Yordania dan terakhir Korea Selatan.

Erick Thohir adalah orang di belakang layar dari sukses Tim Merah Putih melangkah ke semifinal Piala Asia U-23.

Selain sukses melobi para pemain diaspora untuk bisa berlaga di Piala Asia U-23 yang bukan agenda FIFA, Erick Thohir juga bertindak sebagai motivator bagi skuad muda Garuda.

Emagazine Solopos

Seusai laga menegangkan kontra Korea Selatan U-23, Erick Thohir masuk ke ruang ganti yang langsung disambut histeris Pratama Arhan dkk.

Dari video yang diunggah Erick Thohir di akun Instagramnya @erickthohir, Menteri BUMN itu kembali memotivasi para pemain untuk tidak berhenti hanya di semifinal Piala Asia U-23.

“Satu atau dua (pertandingan)? Kalau satu kita Olimpiade, kalau dua kita juara (Piala Asia U-23,” tanya Erick Thohir kepada para pemain.

Interaktif Solopos

“Dua, dua, dua,” sahut para pemain dengan antusias.

“Oke sepakat, dua lagi ya gaes,” ucap Erick Thohir.

Untuk diketahui, dengan berada di semifinal, Indonesia tinggal menuntaskan satu kemenangan lagi untuk mengantongi tiket ke Olimpiade Paris 2024.



Namun jika berhasil memenangi dua laga lagi, artinya Indonesia menjadi juara di Piala Asia U-23 untuk kali pertama.

Erick Thohir mengungkapkan rasa syukur dan bangga yang luar biasa atas keberhasilan Timnas lolos ke semifinal Piala Asia U-23.

Apalagi lawan yang dikalahkan bukan main-main, salah satu raksasa Asia, Korsel.

Menurut Erick, Garuda Muda layak dinobatkan sebagai pencetak sejarah baru sepakbola Indonesia karena mampu membawa nama harum bangsa.

Apalagi perjuangan ini diraih lewat drama penambahan waktu dan adu pinalti.

“Alhamdulillah. Saya bersyukur kepada Yang Kuasa, dan rasa bangga kepada para pemain, pelatih, ofisial, serta seluruh timnas yang bermain sangat luar biasa dan terus menciptakan sejarah bagi sepakbola Indonesia. Generasi emas pesepakbola muda ini telah berjuang dengan semangat tinggi, mental baja, dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Terima kasih,” ujar Erick Thohir yang menjadi saksi langsung kemenangan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Deretan Tokoh NU Karanganyar Ini Dinilai Layak Jadi Cabup

Deretan Tokoh NU Karanganyar Ini Dinilai Layak Jadi Cabup
author
Astrid Prihatini WD Jumat, 26 April 2024 - 22:22 WIB
share
SOLOPOS.COM - Tokoh NU Karanganyar berfoto bersama saat acara Halalbihalal yang digelar Pendapa RM Said Rumdin Bupati pada Jumat (26/4/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR-Sejumlah tokoh Nahdlatul Ulama atau NU dinilai layak diusung menjadi calon bupati (cabup) dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karanganyar pada 27 November 2024 mendatang.

Tokoh-tokoh itu ada Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar Ilyas Akbar Almadani yang juga putra mantan Bupati Juliyatmono, Paryono anggota DPR dari PDIP, Dwi Susilarso mantan Ketua GP Ansor Karanganyar, Ketua DPD PKB Karanganyar Sulaiman Rosyid hingga Direktur Utama (Dirut) RSUD Karanganyar dr Arif Setyoko.
Nama para tokoh yang layak diusung jadi cabup di Pilkada Karanganyar ini langsung diumumkan Ketua Tanfidhiyah Nahdlatul Ulama (NU) Karanganyar KH Nuril Huda saat Halalbihalal di Pendapa Raden Mas Said Rumah Dinas Bupati Karanganyar pada Jumat (26/4/2024). Nuril mengumumkan dengan disertai secara visual nama dan foto para tokoh di layar LCD. Kelima tokoh NU itu pun hadir di lokasi bersama ratusan kader NU Karanganyar.
Nuril mengatakan NU merupakan organisasi besar yang memiliki basis massa dan patut diperhitungkan dalam Pilkada Karanganyar. Setidaknya NU memiliki keanggotaan hingga 300.000-an. Basis massa NU ini potensial perhitungkan. Dia mengatakan di internal NU, banyak tokoh-tokoh yang mumpuni dan layak diusung menjadi cabup.
“Kami sudah pilih ada lima kader NU terbaik dan semua layak dimajukan sebagai calon bupati berdasarkan kapasitas kepemimpinan,” katanya.
Dia mengulas satu per satu tokoh NU terbaik ini yang layak diusung jadi cabup Karanganyar. Untuk Ilyas Akbar Almadani, dia mengatakan merupakan keturunan dari tokoh NU ternama almarhum KH Adli Soebandono. Kakek Ilyas ini termasuk aktivis dan tokoh perjuangan NU di era-70. Sedangkan neneknya Nyai Musfirotun yang juga merupakan Ketua Muslimat pada saat itu.
“Jadi meski sangat muda, namun jiwa pemimpin seperti kakeknya yang juga tokoh NU ada pada dirinya,” katanya.
Sedangkan Paryono, dia mengatakan, selain sebagai anggota DPR juga pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Karanganyar. Dengan pengalaman yang dimiliki, NU menilai Paryono layak maju sebagai Calon Bupati. Kemudian tokoh NU lain layak diusung calon bupati, Dwi Susilarso merupakan mantan Ketua GP Ansor Karanganyar. Dia menjabat Ketua GP Ansor Karanganyar yang paling lama. Kepercayaan yang diberikan warga NU pada Dwi, membuatnya selalu terpilih untuk memimpin GP Ansor.
Dan sosok terakhir yang dinilai NU layak diusung menjadi calon Bupati yakni Sulaiman Rosid. Sulaiman Rosid, selain sebagai Ketua Partai Kebangkitan Bangsa juga sebagai seorang Mubaligh.
KH Nuril ini pun memuji Sulaiman Rosid saat menjadi Mubaligh. Dimana, setiap diundang, Sulaiman Rosid yang saat ini masih menjabat sebagai Anggota DPRD Karanganyar tidak pernah meminta bayaran. Lalu nama Dirut RSUD Karanganyar Arief Setyoko yang juga layak menjadi calon bupati karena mumpuni memimpin daerah.
Ilyas Akbar Almadani berterima kasih mendapat dukungan dari NU. Dia menyatakan tidak akan pernah lepas dari NU karena kakeknya almarhum KH. Adli Soebandono termasuk aktivis dan tokoh perjuangan NU di era-70.
Ia mengatakan kakeknya pada era 60-70 sempat duduk menjadi anggota DPR mewakili Partai NU. Menurutnya, perjuangan kakeknya untuk membesarkan Nahdlatul Ulama memajukan peradaban memberikan cahaya bagi umat dan tak perlu diragukan lagi.
“Kakek saya itulah yang menjadi inspirasi saya, dan saya siap mengikuti jejak kakek,” aku Ilyas.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Koran Solopos
Emagazine Solopos
Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories