SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin virus corona atau covid-19. (Solopos/Dok)

Solopos.com, KLATEN -- Posko Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Pemkab Klaten menerima dua keluhan yang dialami penerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama. Sebanyak dua keluhan itu merupakan keluhan ringan.

"Satu [keluhan] bengkak di lengan dan satu lagi sesak napas dan keringat dingin. Namun, tidak ada yang mondok. Kesimpulannya menurut kami vaksinasi sukses," urai Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Anggit Budiarto, Selasa (23/2/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia menjelaskan pada tahap pertama, ada sekitar 6.400 tenaga kesehatan (nakes) yang masuk menjadi sasaran vaksinasi. Anggit juga menjelaskan dari jumlah itu sudah 98 persen nakes dilakukan vaksinasi.

Baca juga: Keluarga Korban Laka Bus Agra Mas Tunggu Situasi Tenang Bahas Nasib Motor Pinjaman

Anggit Budiarto menjelaskan pelaksanaan vaksinasi tahap kedua masih menunggu perintah dari pemerintah provinsi. Dari 1.000 vial yang diterima, Anggit memperkirakan bisa mendapatkan sekitar 9.000-9.500 dosis vaksin.

"Secara riil dari vaksinasi yang sudah dilakukan itu, satu vial bisa mendapatkan sembilan dosis," tutur dia.

Vaksin yang sudah diterima diprioritaskan untuk nakes yang belum menerima vaksinasi lantaran menjadi garda terdepan dalam menangani pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca juga: Hore Naik! Daftar Harga Emas Antam Terbaru Hari Ini (24/2/2021)

Selanjutnya, vaksinasi diberikan kepada TNI, Polri, anggota DPRD, serta jika masih memungkinkan sisa vaksin yang sudah diterima diberikan kepada pejabat struktural eselon II dan III.

"Untuk nakes yang belum tervaksin itu setidaknya butuh sekitar 5.400 dosis [satu orang mendapatkan dua kali penyuntikan]. Sisanya sekitar 4.000 dosis untuk TNI, Polri, DPRD, dan kalau masih memungkinkan diberikan kepada pejabat struktural eselon II dan III," jelas Anggit.

Produk Sinovac

Dinkes masih menunggu tambahan kiriman vaksin untuk merampungkan sasaran vaksinasi pada tahap II. Vaksin Covid-19 yang digunakan merupakan produk dari Sinovac.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan 1.000 vial vaksin Covid-19 tahap kedua tiba di Klaten, Senin (22/2/2021), dan disimpan di Gudang Farmasi Dinkes Klaten di Kecamatan Klaten Utara.

Baca juga: Vaksin Gotong Royong Bentuk Tanggung Jawab Pengusaha kepada Karyawan

Menurut dia, vaksinasi tahap II dimulai Rabu (24/2/2021) ini diawali kepada para nakes yang belum mengikuti vaksinasi tahap I. Ada 2.555 nakes yang belum menjalani vaksinasi lantaran belum masuk dalam daftar penerima vaksinasi tahap I.

"Ternyata untuk nakes di Klaten jumlahnya cukup banyak. Makanya, ini nanti diselesaikan dulu untuk nakes," urai dia saat ditemui di Dinkes Klaten, Selasa.

Setelah ke para nakes, vaksinasi tahap II dilakukan kepada TNI, Polri, hingga pegawai di pelayanan publik. Jumlah total penerima vaksinasi tahap II diperkirakan 48.000 orang.

Baca juga: 832 Personel Polres Karanganyar Ikuti Vaksinasi Covid-19 Mulai Hari Ini

Ditemui beberapa waktu lalu, Komandan Kodim 0723/Klaten, Letkol Inf Joni Eko Prasetyo, menjelaskan pendataan masih dilakukan untuk memetakan anggota TNI di Klaten yang bisa mengikuti vaksinasi.

"Dari Kodim ada 680 anggota. Kemudian ditambah dari Dodiklatpur, Senzibang, Minvecad, dan lainnya total menjadi 1.000 orang," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya