SOLOPOS.COM - Penyanyi senior Bob Tutupoly. (Antara)

Solopos.com, SOLO-Pihak keluarga memberikan klarifikasi bahwa Bob Tutupoly masih hidup. Hal itu dilakukan sehubungan adanya kabar hoaks yang menyebutkan penyanyi senior berusia 82 tahun itu meninggal dunia pada Selasa (10/5/2022).

“Kami atas nama keluarganya Bob Tutupoly menginformasikan, kabar meninggalnya om/opa Bob Tutupoly itu hoaks atau tidak benar,” kata salah seorang anak, Erick Tutupoly seperti dikutip dari turnbackhoax.id dan dari Twitter pada Rabu (11/5/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara di TikTok ada akun membagikan kondisi terbaru Bob Tutupoly yang masih hidup dan bernyanyi. Meski kini duduk di kursi roda, tapi pelantun Widuri itu masih semangat bernyanyi.  “Bob Tutupoly sekarang,” tulis pemilik akun @ruliannapasaribu, Rabu.

Sejak video itu diunggah kemarin, sudah lebih dari 350.000 warga Tik Tok yang menyaksikan. Banyak yang bersyukur dan mendoakan musisi 82 tahun dalam keadaan sehat.

Baca Juga: Lama Vakum, Musikus Legendaris Bob Tutupoly Bakal Rilis Album

“Semoga om Bob sehat terus, bahagia bersama keluarga,” kata @catherinemustafain.

Hal yang sama juga terlihat di Twitter. Sejumlah warganet mendoakan untuk kesehatan penyanyi senior itu. “Sehat-sehat selalu Pak Bob Tutupoly,” tulis warganet.

“Bahagia itu sederhana. Bernyanyi bersama keluarga. Doa yang terbaik untuk Pak Bob Tutupoly,” tulis warganet lainnya.

Sebelumnya beredar kabar musikus legendaris Bob Tutupoly meninggal dunia. Kabar ini dibantah oleh pihak keluarga.

Kabar artis kali ini mengulas Bob Tutupoly yang masih hidup hingga sekarang. Pria bernama lengkap Bobby Willem Tutupoly ini lahir 13 November 1939.  Ia mulai rekaman di Jakarta pada tahun 1965 bersama Pattie Bersaudara. Selanjutnya, ia dikenal dengan lagu-lagu Lidah Tak Bertulang, Tiada Maaf Bagimu, Tinggi Gunung Seribu Janji, dan lain-lain.

Baca Juga:  Bantah Kabar Hoaks Penutupan Sementara SPBU, Ini Penjelasan Pertamina

Namun ia lebih tertarik menyanyi. Akhirnya ia bergabung Bill Saragih di band The Jazz Riders pada 1960. Pada 1969 ia pergi ke Amerika Serikat dan memimpin sebuah restoran milik Pertamina di kota New York. Setelah kembali ke Indonesia pada 1977, ia menjadi populer karena membawakan lagu Widuri, ciptaan Slamet Adriyadi, yang menjadi sangat terkenal hingga saat ini.  Ia juga memandu acara kuis di TVRI.

Dikutip dari berbagai sumber, kegemaran Bob Tutupoly akan dunia tarik suara telah ditunjukkannya sejak kecil dan ia mulai bernyanyi untuk mendapatkan uang jajan tambahan pada masa remajanya. Saat duduk di bangku SMA, Bob diajak bergabung dalam Kwartet Jazz di RRI Surabaya oleh Didi Pattirane.

Bersama Didi Patirane, Bob juga merekam lagu-lagu daerah Maluku, seperti Mande-mande, Sulie, dan Donci Bagici. Rekaman tersebut difasilitasi oleh perusahaan rekaman milik negara, Lokananta. Pada masa-masa itu, Bob juga diminta bergabung dengan Chen Brohers (Bubi Chen, Nico, Jopie Chen, dan Frans) untuk mengisi acara dansa kalangan atas.

Bob Tutupoly pernah tergabung di dalam Band Bhinneka Ria bersama dengan Bubi Chen, Loudy Item, Award Seweileh, Marius Diaz, Hasan Alamudin, dan Yusmin. Band ini berhasil menjuarai festival band di Surabaya dan festival Band se-Jawa di Jakarta.

Baca Juga: Kenakalan Masa Kecil Antar Steve Jobs Raih Sukses Bersama Apple

Ketika berkuliah di Bandung, Bob tergabung dalam grup Cresendo pimpinan Yongki Nusantara yang sering tampil di hotel, seperti Hotel Homman dan Bumi Sangkuriang serta beberapa klub malam kota Bandung. Pada 1963, band The Riders meminta dirinya menggantikan vokalis mereka saat itu, Bill Saragih, yang bekerja di Thailand. Bersama The Riders, Bob dapat tampil di Nirwana Super Club, Hotel Indonesia sebanyak 15 kali dalam sebulan. Bob tidak hanya sering tampil di Hotel Indonesia, tetapi juga di TVRI dan tempat-tempat lain yang mengundangnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya