KELUARGA BERENCANA SUKOHARJO : Kondom Jadi Pilihan Utama Kontrasepsi Warga Sukoharjo

KELUARGA BERENCANA SUKOHARJO : Kondom Jadi Pilihan Utama Kontrasepsi Warga Sukoharjo

SOLOPOS.COM - Ilustrasi KB (JIBI/Dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)
Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

Solopos.com, SUKOHARJO — Jumlah akseptor atau peserta program keluarga berencana (KB) di Kabupaten Sukoharjo hingga Agustus 2013 tercatat 16.670 orang.

Jumlah tersebut sekitar 74 persen dari target yang ditetapkan tahun ini sebanyak 22.437 orang. Di sisi lain, alat kontrasepsi berupa kondom menjadi pilihan utama akseptor berjenis kelamin laki-laki.

Dari total 878 akseptor laki-laki, hanya tiga orang di antaranya yang menggunakan layanan vasektomi.
Penjelasan tersebut disampaikan staf Seksi KB Kantor Pemberdayaan Perempuan dan KB Sukoharjo, Yudianto, saat ditemui Solopos.com, di kantornya, Kamis (10/10/2013).

Dari segi jumlah, dia menjelaskan, akseptor laki-laki mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. “Jumlah akseptor laki-laki pada periode yang sama, Januari-Agustus tahun 2012 hanya 769 orang. Namun fenomenanya sama, mayoritas pilih kondom,” katanya.

Yudi—panggilan akrabnya, menjelaskan jumlah akseptor program KB kategori laki-laki masih terlalu kecil. Penyebabnya keengganan laki-laki menggunakan alat kontrasepsi. Tapi masih sedikitnya laki-laki yang ikut program KB juga dipengaruhi sikap sang istri.

Berita Terkait

Berita Terkini

Hore! Belasan Pasar Nonesensial Kota Solo Boleh Buka Mulai Selasa

Pemerintah Kota Solo akhirnya membolehkan 14 pasar nonesensial termasuk Pasar Klewer buka lagi mulai Selasa (27/7/2021).

Bupati Sukoharjo Tiba-Tiba Minta Maaf, Ada Apa?

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyampaikan permohonan maaf terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Vaksinasi 36.000 Siswa SD dan SMP di Boyolali Dimulai

Vaksinasi Covid-19 untuk 36.000 siswa di Kabupaten Boyolali dimulai di SMPN 1 Boyolali pada Jumat (23/7/2021).

PPKM Level 4 Juga Diterapkan di 45 Kabupaten dan Kota Luar Jawa-Bali

Penetapan itu dilakukan karena melihat kenaikan kasus Covid-19 pada wilayah tersebut.

Ganjar Minta Kepala Daerah Di Jateng Percepat Serapan Anggaran

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta kepala daerah di wilayahnya untuk mempercepat penyerapan anggaran penanganan Covid-19.

PPKM Level 4 di Klaten: Alun-alun Boleh untuk Jualan, Penyekatan Jalan Protokol Masih Diberlakukan

Sejumlah kegiatan dilonggarkan setelah Klaten kembali masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 26 Juli-2 Agustus 2021.

Bolehkah Mencukur Bulu Kemaluan Saat Haid Menurut Islam?

Apakah boleh mencukur atau memotong bulu kemaluan saat perempuan sedang haid alias menstruasi menurut agama Islam? Ini penjelasan MUI.

Ivermectin dalam Filsafat Sains

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis 15 Juli 2021. Esai ini karya Satrio Wahono, alumnus Magister Filsafat Universitas Indonesia dan dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila Jakarta.

Stok Sempat Menipis, Pemkot Solo Langsung Dikirimi 20.000 Dosis Vaksin Sinovac

Pemkot Solo mendapat kiriman 20.000 dosis vaksin Covid-19 Sinovac setelah beberapa hari lalu sambat stok menipis dan akselerasi melambat.

Makam Majasto dan Kisah Orang Sakti Eyang Sutowijoyo di Sukoharjo

Terdapat makam tokoh yang diyakini sakti dan murid kesayangan Sunan Kalijaga di Kompleks Makam Majasto, Tawangsari, Sukoharjo.

Sudah Berlaku di Luar Negeri, Ini Alasan Makan Dibatasi 20 Menit selama PPKM Level 4

Supaya bisa makan dengan waktu 15 sampai 20 menit sesuai aturan PPKM, para ahli gizi dan diet menyarankan mengunyah makanan lebih sering.

Mimpi Bertemu Pocong Masih Dipercaya Datangkan Rezeki

Banyak versi yang mengatakan bahwa sosok pocong ini justru mengejar korbannya dengan terbang melayang. Pocong juga dikenal dengan sosok berwajah hangus dan bermata merah menyala.