SOLOPOS.COM - Kelompok 299 KKN-T UNS Solo berfoto bersama perangkat desa saat sosialisasi Mural PHBS Selama Masa Pandemi Covid-19 di Desa Sambiroto Kidul, Jatiroto, Wonogiri. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Kelompok 299 Kuliah Kerja Nyata atau KKN Tematik UNS (Universitas Sebelas Maret) Solo menyosialisasikan pentingnya Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) Selama Masa Pandemi Covid-19 melalui karya mural.

Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 lalu di seluruh dunia membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan pribadi maupun lingkungan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar merupakan kewajiban bersama yang harus dilaksanakan. Kesadaran mengenai hal ini harus terus dipupuk di kalangan masyarakat.

Baca Juga: Tak Ada Pelonggaran, PPKM Level 3 di Wonogiri Berasa Level 4

Namun, pandemi Covid-19 membuat sebagian aktivitas dibatasi untuk mencegah penularan virus. Melihat terbatasnya ruang dan waktu untuk sosialisasi secara tatap muka itu lah, Kelompok 299 KKN UNS Solo memilih media mural untuk menyosialisasikan pentingnya PHBS.

Lokasinya di Balai Lingkungan milik Desa Sambiroto Kidul, Jatiroto, Wonogiri. Ada pun anggota tim terdiri atas Husna Nada Hanifah (PGBK), Reza Firmansyah (Sastra Inggris), Theodore Pfilbert Zebedee Marudutga (Ilmu Hukum).

Kualitas Hidup Masyarakat

Kemudian Nadia Agus Sari Dewi (Seni Rupa Murni), Nadia Alfi Nur Farikha (Teknik Industri), Ihdal Khusnayan (PG-PAUD), Erix Prasetyo Waluyo (PTIK).

Baca Juga: Pemuda Asal Solo Dibekuk Saat Ambil Sabu-Sabu di Semak-Semak di Dekat Waterboom Wonogiri

PHBS merupakan suatu gerakan yang bertujuan meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. PHBS terbagi atau bisa dilakukan dalam berbagai lingkungan yaitu rumah tangga, tempat kerja, sekolah serta masyarakat umum.

KKN UNS wonogiri
Kelompok 299 KKN-T UNS Solo berfoto bersama perangkat desa saat sosialisasi Mural PHBS Selama Masa Pandemi Covid-19 di Desa Sambiroto Kidul, Jatiroto, Wonogiri. (Istimewa)

Manfaat PHBS secara umum ialah untuk menurunkan risiko penyakit akibat infeksi, mendorong produktivitas, mendorong tumbuh kembang anak, menjaga kebersihan serta keindahan lingkungan.

PHBS memang memiliki manfaat dan tujuan yang positif, namun masih diperlukan adanya sosialisasi di kalangan masyarakat secara maksimal dan merata.

Baca Juga: Peserta Tes SKD CPNS dan P3K Wonogiri Tak Wajib Vaksin

“Sesuai dengan imbauan dari Presiden RI, Ir H Joko Widodo, masyarakat diimbau melakukan segala aktivitas di rumah dan menghindari keramaian [social distancing]. Maka Kelompok 299 KKN-T UNS bersosialisasi melalui mural,” demikian tulis kelompok 299 KKN – T UNS Solo dalam keterangan tertulis yang diperoleh Solopos.com, Minggu (5/9/2021).

Indikator PHBS

Mural dibuat dengan warna menarik dan berukuran sekitar 2,5 meter x 3 meter yang menggambarkan beberapa poin Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) Selama Masa Pandemi Covid-19.

Poin itu yakni cuci tangan dengan sabun, makan makanan sehat, olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, membuang sampah pada tempatnya, hentikan kebiasaan merokok dan menggunakan jamban bersih.

Baca Juga: Sepeda Motor Tertabrak Pikap hingga Remuk di Wonogiri, Pengendara Selamat

Selain mural PHBS Selama Masa Pandemi, Kelompok 299 KKN-T UNS juga menempatkan dua banner PHBS Dalam Rumah Tangga di Puskesmas Jatiroto dan Balai Lingkungan Sukorejo, Jatiroto, Wonogiri.

Dengan menerapkan Indikator PHBS tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas kesehatan pribadi dan keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, diharapkan juga mampu memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya