SOLOPOS.COM - Kelompok KKN 297 UNS Solo melakukan sosialisasi pemasaran digital bunga stoking di Desa Semagar RT 01 Rw 05, Girimarto, Wonogiri belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI– Kelompok 297 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo telah menyelesaikan tugasnya di Desa Semagar RT 01 Rw 05, Girimarto, Wonogiri.

Kegiatan ini merupakan penerapan nyata dari salah satu Tri Dhama Perguruan Tinggi Negri yaitu pengabdian kepada masyarakat secara langsung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan KKN yang berlangsung sepanjang Agustus 2021 ini memiliki 3 program kerja utama berupa pendataan petani kopi, sosialisasi pemasaran digital UMKM bunga stoking, dan sosialisasi akuaponik yang bertujuan agar dapat meningkatkan keahlian dan pengetahuan warga Desa Semagar.

Baca Juga: Gelar KKN di Sukoharjo, Mahasiswa UNS Ajak Warga Hidup Sehat dengan Hidroponik

Untuk melakukan pendataan petani kopi sebagai salah satu program kerjanya, Tim 297 KKN UNS mendatangi langsung petani kopi Desa Semagar dan mendata langsung produk-produk dan kualitas kopi petani.

Pendataan kopi bertujuan untuk mempermudah penyaluran bantuan berupa pupuk dan bibit kopi untuk petani kopi Desa Semagar. Selain itu pendataan ini juga bertujuan memberi pemahaman tentang pemanfaatan dan perawatan kopi secara efektif untuk mendukung kegiatan pascapanen dan pengolahan kopi.

Program kerja kedua adalah melakukan sosialisasi pemasaran digital UMKM bunga stoking dengan memberikan informasi mengenai cara memasarkan bunga stoking melalui online.

Kelompok KKN 297 UNS juga memberikan mini photo studio box dan tripod HP kepada salah satu warga Desa Semagar yang mempunyai usaha pembuatan bunga stoking. Sosialisasi pemasaran digital UMKM bunga stoking ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi dengan menjualnya secara online.

Baca Juga: Dorong Literasi Anak-Anak Desa Baturetno Bantul, KKN 274 UNS Bikin Pojok Baca

Sosialisasi Akuaponik

Program kerja ketiga adalah melakukan sosialisasi bertanam akuaponik. Sistem tanam Akuaponik adalah sistem pertanian berkelanjutan yang mengkombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik.

Sosialisasi ini disertai dengan simulasi Tim 297 KKN UNS agar lebih mudah dipahami oleh warga Desa Semagar. Diharapkan pelatihan ini bisa diimplementasikan oleh warga sesuai dengan ukuran perkarangannya masing-masing.

Semua program kerja yang dilakukan kelompok KKN 297 UNS ini sangat didukung oleh kepala desa, kepala dusun dan warga Desa Semagar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya