SOLOPOS.COM - Ilustrasi kekeringan (JIBI/Solopos/Dok.)

Kekeringan yang melanda Jateng di musim kemarau 2017 dijadikan anjakan Gubernur Ganjar Pranowo mengajak warganya membiasakan diri menabung air.

Semarangpos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di daerah rawan kekeringan untuk membiasakan diri menabung air saat musim penghujan. Air tabungan itu bakal sangat berguna saat musim kemarau tiba seperti saat ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pemerintah sudah berupaya membuat embung, namun masyarakat sebenarnya juga bisa membantu menampung air dengan menabungnya. Mari kita nabung dan menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan,” kata Gubernur Ganjar Pranowo di Kota Semarang, Jateng, Rabu (20/9/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Ganjar, cara menabung air yang dilakukan masyarakat bisa bermacam-macam dan cukup mudah, salah satunya dengan menyediakan tandon atau bak penampungan Ganjar menyebutkan bahwa hal itu merupakan salah satu antisipasi mengatasi kekurangan air saat musim kemarau.

“Air yang sudah ditampung oleh masyarakat saat musim hujan itu akan sangat bermanfaat ketika terjadi kekeringan pada musim kemarau terkait dengan kebutuhan air,” ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan itu mengungkapkan bahwa belum banyak orang yang sadar dan memiliki komitmen untuk menjaga air, serta masih sedikit masyarakat yang sadar dan memiliki komitmen untuk menjaga air. “Tidak mudah mengubah perilaku masyarakat untuk menampung air, tapi logika kita semua mengerti ta. Mbok kita tampung yuk untuk berikutnya agar air hanya lewat saja,” katanya saat mengomentari kekeringan yang melanda Jateng pada musim kemarau 2017.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya