SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Antara/JIBI/dok)

Kekeringan di Jateng membuat tujuh daerah sudah siaga darurat kekeringan

Solopos.com, SEMARANG–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mengungkapkan daerah yang mengalami kekeringan semakin meluas mencapai 24 kabupaten/kota.
Kepala BPBD Jawa Tengah (Jateng) Sarwa Pramana mengatakan sebanyak tujuh daerah sudah menyata wilayahnya siaga darurat kekeringan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

”Tujuh daerah itu yakni Demak, Banyumas, Temanggung, Kendal, Cilacap, Wonogiri, dan Boyolali,” katanya di Semarang Selasa (11/8/2015).

Daerah yang masuk status siaga darurat kekeringan, lanjut dia, bukan berarti seluruh wilayah mengalami bencana kekeringan, tapi cukup beberapa kecamatan saja.

”Minimal bila ada dua kecamatan yang mengali kekeringan maka bupati/walikota bisa menyatakan daerahnya siaga darurat kekeringan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sarwa menyatakan daerah dengan status siaga darurat kekeringan menjadi dasar Gubernur Jateng mengeluarkan keputusan siaga darurat kekeringan tingkat provinsi untuk mencaikan dana tak terduga.

Dana tak terduga itu bisa digunakan untuk membantu kabupaten/kota yang masuk status siaga darurat kekeringan.
”Daerah yang masuk status darurat kekeringan juga bisa mengajukan bantuan dana ke Badan Nasional Penanggulan Benacana [BPNB],” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya