SOLOPOS.COM - Ilustrasi Truk Tangki Air (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI – Sebanyak 19.328 jiwa atau sekitar 6.040 keluarga di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, terpaksa membeli air bersih dari mobil tangki air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Camat Pracimantoro, Warsito, mengatakan para korban kekeringan tersebar di sembilan desa antara lain Joho, Gambirmanis dan Petirsari. Mereka kesulitan mendapatkan air bersih selama musim kemarau karena mayoritas telaga di Pracimantoro telah kering.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sudah tak ada lagi sumber air terutama di Desa Joho, Gambirmanis, dan Petirsari makanya warga membeli air bersih dari mobil tangki air,” katanya saat ditemui di kantornya, Kamis (28/8).

Ekspedisi Mudik 2024

Dia menambahkan harga mobil tangki air bersih cukup mahal. Satu mobil tangki air bersih berisi 5.000 liter dijual Rp90.000-Rp150.000. Apabila dikumulatifkan dengan jumlah warga Pracimantoro maka kebutuhan air bersih mencapai 772,964 liter/hari.

“Misalnya anggota keluarga lima orang maka satu mobil tangki air bersih bisa digunakan selama dua pekan. Jadi rata-rata setiap keluarga membeli dua-tiga mobil tangki air bersih/bulan,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya