SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita. (Istimewa/Mirror.co.uk)

Kekerasan terhadap perempuan yang diduga dilakukan politikus Masinton dan Ivan Haz didesak untuk dituntaskan.

Solopos.com, JAKARTA – Sejumlah aktivis perempuan dari LBH Apik Jakarta, Jaringan Advokasi Nasional Pekerja Rumah Tangga (Jala PRT), Jaringan Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan (Jaker PKTP) menyambangi Badan Reserse Kriminal Polri, Jakarta, Selasa (8/3/2016).

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Kedatangan mereka untuk menyerahkan petisi 20.000 tandatangan supaya Bareskrim menindaklanjuti kasus kekerasan perempuan.

“Kami berharap kasus seperti Masinton jangan jadi preseden buruk. Kasus itu bukan delik aduan. Ketika dicabut oleh korban dilandasi tekanan, kalau begini hukum dimainkan kekuasaan dan orang kaya,” kata Ratna Batara Munti, Direktur LBH Apik.

Menurut dia polisi harus tegas dan memiliki komitmen hukum yakni pemenuhan asas persamaan, keadilan, dan memberikan efek jera terhadap pelaku. Hak korban harusnya tetap diproses hukum tidak bisa dengan iming-iming.

“Semua ingin dilarikan perdamaian, berikan ganti rugi dan kompensasi, KUHAP juga ganti rugi tapi proses tetap jalan,” katanya.

Dia menambahkan DPR juga harus mengawasi kasus-kasus kekerasan perempuan, jangan diseret ke persoalan politik. Sebab jika demikian maka hak-hak korban akan terpinggirkan.

“Penanganan khusus juga diperlukan karena ada kedekatan, hubungan baik, ketergantungan kerja, ekonomi. Pelakunya pun bukan orang biasa,” katanya.

Adapun petisi yang diserahkan antara lain “Penjarakan dan pecat Ivan Haz anggota DPR Fraksi PPP yang terlibat kekerasan terhadap pekerja rumah tangga” yang dibuat Jala PRT. “Teruskan proses hukum dugaan penganiayaan dan pelanggaran kode etik oleh Masinton Pasaribu” yang dibuat Jaker PKTP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya