SOLOPOS.COM - Chico Aura Dwi Wardoyo (Antara/PP PBSI)

Solopos.com, JAKARTA – Chico Aura Dwi Wardoyo membuat kejutan saat tampil di babak pertama Kejuaraan Asia 2022 dengan mengalahkan unggulan pertama asal Jepang, Kento Momota, di Manila, Filipina, Rabu (27/4/2022).

Kemenangan yang tak disangka-sangka ini terjadi di Muntinlupa Sports Complex, Manila, lewat rubber game 17-21, 21-17, 21-7, dalam tempo 62 menit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Walau terpaut jauh dari sisi rangking dunia, Chico yang berperingkat 52 dunia tampil tampil tenang mengimbangi permainan menyerang Momota. Pebulu tangkis kelahiran Jayapura itu bahkan unggul 11-10 hingga interval pertama.

Namun, setelah itu, Momota bermain lebih cepat dan lebih mendominasi permainan hingga merebut gim pertama dengan 21-17.

Ekspedisi Mudik 2024

Memasuki game kedua, Chico bermain lebih klinis dan lebih merapatkan pertahanan untuk memaksa Momota melakukan kesalahan. Chico memimpin 11-6 saat interval. Momota berpaya memperbaiki permainan di interval kedua, tapi Chico mampu mengimbangi hingga akhirnya memenangi game kedua dengan skor 21-17.

Baca Juga: Mantap, Ribka/Fadia Singkirkan Unggulan Ketiga Kejuaraan Asia

Pada game ketiga, Chico yang kian percaya diri tampil lebih berani, tak hanya pertahanannya yang kokoh, serangan-serangannya juga efektif dalam mendulang poin. Di lain pihak, Momota justru meredup dan sering melakukan kesalahan. Setelah unggul 11-4 di jeda interval, Chico terus memimpin dan menutup laga dengan kemenangan 21-7.

“Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan. Di gim pertama sebenarnya sudah enak mainnya, hanya terburu-buru di poin jelang akhir. Di gim kedua dan ketiga saya menerapkan strategi yang sama tapi hanya lebih sabar saja,” kata Chico dalam informasi tertulis PP PBSI sesuai pertandingan.

Baca Juga: PB Djarum Kirim 11 Pebulu Tangkis Muda ke Eropa, Ada Atlet Klaten

Bermain menyerang tapi sabar menjadi strategi yang diusung Chico saat meladeni pebulu tangkis tunggal putra peringkat dua dunia. Walau senang sudah bisa mengalahkan salah satu pebulu tangkis terbaik di dunia, Chico belum merasa puas. Ia mengaku ingin melangkah jauh di turnamen ini.

“Saya senang bisa menang atas Momota dan bisa mengeluarkan seluruh kemampuan saya hari ini. Tapi saya belum puas, saya mau melangkah jauh di sini,” ungkap Chico.

Di babak 16 besar, Chico sudah ditunggu Lee Cheuk Yiu wakil Hong Kong. Chico memimpin rekor pertemuan 1-0 ketika menang 21-14, 18-21, 21-18 pada Kejuaraan Beregu Asia 2022 di Selangor, Malaysia, Februari 2022.

Baca Juga: Perjalanan Karier Eriyanto: Sejak Kecil Biasa Bekerja Keras di Kampung

Selain Chico, Komang Ayu Cahya Dewi juga membuat kejutan. Wakil tunggal putri Indonesia itu mengalahkan Han Yue dari China. Han Yue yang merupakan pebulu tangkis peringkat 24 dunia harus menyerah dua game langsung 14-21, 12-21 kepada Komang yang masih menduduki peringkat 317.

“Sanga senang bisa mengalahkan pemain yang peringkatnya jauh di atas saya,” tutur Komang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya