SOLOPOS.COM - Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Agus Santoso menyerahkan piala kepada juara lomba balap motor Kejurprov di Kawasan Stadion Manahan Solo pada Minggu (13/11/2022). (Istimewa/Dok Humas Polresta Solo)

Solopos.com, SOLO—Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Solo menyosialisasikan keselamatan lalu lintas berkendara saat Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Roadrace 2022 di Sirkuit Stadion Manahan Solo pada Minggu (13/11/022) pagi. Hal itu bertujuan menekan angka kecelakaan sekaligus menekan penggunaan knalpot brong yang mengganggu kenyamanan pengguna jalan.

Dalam kesempatan itu, Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Agus Santoso langsung memberikan sosialisasi terkait aksi kebut-kebutan, balap liar hingga penggunaan knalpot brong di jalan raya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jika ingin menyalurkan hobi balap liar, alangkah baiknya di sirkuit balap. Bukan di jalanan yang justru membahayakan diri dan pengguna jalan yang lain,” kata perwira menengah melati satu itu kepada wartawan.

Baca Juga: Finis Kedua Race 2 di Mandalika, Alvaro Bautista Juara World Superbike 2022

Menurutnya, ajang balap motor di Kota Solo ini sangat positif. Mengingat, dapat menjadi wadah bagi para pembalap untuk menyalurkan hobi dan kemampuannya di tempat yang tepat.

Kasatlantas juga menyambangi paddock para peserta lomba balap. Dia berpesan agar tidak memodifikasi kendaraan dengan spesifikasi balap untuk dipakai di jalan umum. Khususnya, memasang knalpot brong pada kendaraan untuk peruntukan jalan umum.

“Kalau seperti ini, tidak apa-apa untuk perlombaan. Spesifikasinya juga harus balap. Namun, jika dipakai di jalan umum tentu akan mengganggu pengguna kendaraan yang lain karena kebisingan kendaraan,” kata Agus.

Baca Juga: Fokus di Sprint, Pembalap Wiji Lestari Butuh Tambah Jam Terbang

Ketua Panitia Santo Dwiatmono mengatakan dalam perlombaan tersebut pihaknya membuka 27 kelas yang terbagi menjadi kelas open, pemula dan lokal.

Pihaknya juga sangat mendukung kebijakan dari kepolisian untuk mewadahi pembalap supaya tidak menyalurkan hobi kebut-kebutan di jalanan.

“Kami sangat mendukung sekali. Dengan adanya wadah perlombaan ini, tentu bisa menjadi penyalur hobi balapan sekaligus mencari bibit unggul di Kota Solo ini,” katanya.

Baca Juga: Wonogiri Gelar Road Race Seri III 2022, Segini Harga tiketnya

Di tempat yang sama, pembalap wanita, Diana CL, 27, mengatakan keikutsertaannya dalam dunia balap ini adalah keinginannya sendiri. Cita-citanya pun didukung oleh keluarga, termasuk suaminya saat ini.

Latihan rutin dia lakukan untuk meraih prestasi dalam kejuaraan yang dia ikuti. Dengan latihan rutin yang dilakukan, tak heran dia berhasil menyabet juara pertama kategori matic 130 cc khusus wanita.

“Saya sejak kelas III SMP, tahun 2009 lalu sudah ikut balapan sampai sekarang. Alhamdulilah, keluarga support penuh. Baik ibu, almarhum ayah, dan suami. Orang tua saya tidak pernah melarang, malah dulu sering diantar,” kata ibu satu anak itu.

Kasatlantas juga mendapat kesempatan untuk memberikan piala kepada para juara lomba.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya