SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

ilustrasi.dok

SEMARANG-Tim Indonesia menjadi juara umum pada kejuaraan pencak silat Belgia Terbuka yang berakhir Minggu (5/5), kata Pelatih Pencak Silat Pelatnas asal Jawa Tengah Indro Catur.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kita berhasil menjadi juara umum pada kejuaraan di Belgia tersebut dengan meraih sembilan medali emas, dua medali perak, dan tiga perunggu,” kata Indro Catur ketika dihubungi dari Semarang, Senin (6/5/2013).

Kesembilan medali emas bagi tim Indonesia tersebut, kata dia, disumbangkan oleh Awaluddin (kelas A), Johan (kelas B), M Adrian (kelas C), Sapto Purnomo (kelas D), Nyoman Sapurtaman (kelas H), Bagaskoro (kelas I) untuk putra.

Kemudian untuk putri adalah Wenny Sasmita (kelas C), Wewey Wita (kelas C), dan Mariati (kelas E), sedangkan dua perak direbut Yulinar Tikasari (kelas A) dan Pipiet Kamela (kelas D putri).

Sedangkan tiga medali perunggu direbut oleh M Rizky Adi (kelas G putra), Afriansyah (kelas F putra), serta Indriya Milasari (kelas F putri). “Kita menerjunkan 15 pesilat sehingga hanya satu pesilat yang tidak mendapatkan medali,” katanya menegaskan.

Pada kejuaraan pencak silat Belgia Terbuka (2–5 Mei), kata dia, diikuti 11 negara yaitu Vietnam, Malaysia, Suriname, Prancis, Jerman, Belanda, Austria, Inggris, Swiss, Indonesia, dan tuan rumah Belgia. “Tempat berlangsungnya kejuaraan tersebut adalah Scholen Sporthall,” katanya menegaskan.

Ia menambahkan, dirinya bersyukur bisa menjadi juara umum pada kejuaraan di Belgia ini tetapi ini hanya ajang uji coba sebelum pesilat pelatnas diterjunkan pada SEA Games 2013 Myanmar mendatang.

“Kita bersyukur bisa menjadi juara tetapi tujuan utama kita bukan di sini tetapi bisa menjadi juara umum pada pesta olahraga multievent antarnegara Asia Tenggara di Myanmar mendatang,” katanya.

Dengan ini maka tim pencak silat Indonesia sudah dua kali menjadi juara umum pada ajang uji coba sebelum tampil pada SEA Games 2013 Myanmar karena pada ajang pemanasan di Myanmar akhir maret 2013 itu, tim pencak silat Indonesia juga menjadi juara umum.

“Saat itu kita menjadi juara umum dengan meraih tujuh medali emas dan saat itu hanya diikuti empat negara,” kata pelatih yang sukses mengantarkan tim pencak silat Indonesia menjadi juara umum pada Asian Beach Games (ABG) I di Bali, Oktober 2008.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya