SOLOPOS.COM - AAtlet esports asal Palestina mengibarkan bendera negaranya saat defile atlet dalam pembukaan International Esports Federation (IESF) Bali 14th World Esports Championship 2022 di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (2/12/2022). (Antara/Fikri Yusuf)

Solopos.com, BALI – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, resmi membuka kejuaraan dunia esports IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 di Merusaka, Nusa Dua, Bali, Jumat (2/12/2022).

Menpora Amali mengapresiasi hasil kerja keras Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) mampu menyelenggarakan ajang internasional yang dihadiri oleh 105 negara dengan sekira 700 atlet.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ini tidak mudah tapi bisa dilakukan Pengurus Besar Esports Indonesia dengan baik. Lompatan besar dalam visinya sebagai kekuatan terdepan di Asia, bahkan dunia. Semoga perhelatan ini menjadi titik awal dimulainya sejarah baru untuk memberikan kontribusi besar esports untuk bangsa dan negara,” ujar Menpora.

Dalam kesempatan tersebut Menpora Amali juga berpesan kepada atlet untuk bertanding secara sportif.

“Tunjukkan sportivitas, mempererat persahabatan dengan negara-negara di dunia, dan jadikan Anda semua membanggakan,” kata Menpora.

Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia Bambang Sunarwibowo dan President Federasi Esports Internasional (IESF) Vlad Marinescu, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) Pusat Marciano Norman, dan Gubernur Bali Wayan Koster.

Baca Juga: Federasi Esports Internasional Puji Pelaksanaan Kejuaraan Dunia di Bali

Upacara pembukaan IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 dimulai sekira pukul 19.34 WITA dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Kemudian, tiga maskot kejuaraan dunia esports yang mewakili tiga elemen bumi, yakni tanah, air dan udara, menyapa hadirin.

Musisi Tanah Air Alffy Rev, juga Wizzy dan Ecko, kemudian memanaskan panggung dengan membawa unsur tradisional tarian Bali di dalamnya, termasuk lagu Bagimu Negeri.

Acara dilanjutkan dengan parade atlet dengan pemandu acara memanggil satu persatu negara yang diwakili oleh salah satu atletnya membawa bendera negara masing-masing.

Baca Juga: Resmi! Ini Daftar Peserta BWF World Tour Finals 2022: Tiga Mengundurkan Diri

IESF Bali 14th World Esports Championship 2022, yang akan berlangsung hingga 11 Desember 2022, mempertandingkan enam jenis game yaitu Tekken 7, DOTA 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022 dan CS:GO. Khusus untuk CS:GO akan mempertandingkan kategori CS:GO Male dan CS:GO Female.

Kejuaraan dunia esports tersebut dibarengi dengan Indonesia Esports Summit 2022, yang rencananya menjadi ajang tahunan PB ESI, bagi penggerak industri esports untuk memamerkan produk mereka, mulai dari game lokal hingga brand teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya