Penyanyi dangdut Nella Kharisma menghibur ribuan warga Karanganyar di Alun-Alun Karanganyar, Jumat (19/8/2022) malam. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)
Espos Plus Entertainment

Kejayaan Dangdut Koplo: Selera Lokal Tembus Pasar Nasional

Dangdut koplo adalah kesenian dangdut yang lahir di daerah, namun berubah menjadi selera nasional.

Solopos.com, SOLO — Panggung musik dangdut koplo belakangan ini sangat sering digelar di berbagai wilayah. Bahkan, musik ini sangat mudah ditemui di berbagai tempat. Bagaimana tidak, tetangga saya sedari pagi saja sudah menyetel musik woyo-woyo jos itu sambil sarapan dan melakukan aktivitas lainnya. Mau tidak mau, saya mendapat asupan ini setiap pagi yang membuat beberapa lirik lagu dan melodi musik dangdut koplo terngiang di telinga.

Hal itu pun membuat perbendaharaan lagu dangdut koplo bertambah tanpa disengaja dan menggeser popularitas musik pop yang telah lebih dulu berjaya di Indonesia. Jika melihat kondisi yang ada saat ini, kejayaan musik dangdut koplo seolah-olah menjadi senjkala bagi musik pop di Tanah Air. Setidaknya dalam lima tahun terakhir muncul sejumlah penyanyi pendatang baru yang meramaikan industri musik dangdut koplo. Tak seperti industri musik pop yang belakangan jarang menelurkan penyanyi baru yang fresh dan kekinian.

Berita Terpopular
Indeks Berita
Part of Solopos.com
Punya akun? Silahkan login
Daftar sekarang...
Support - FaQ
Privacy Policy
Tentang Kami
Kontak Kami
Night Mode