Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca
 www.freepik.com/created by vectorjuice
Espos Plus News

Kejahatan Siber Makin Gawat, Tiga Pilar Ini Jadi Sangat Penting

Edukasi dan literasi menjadi hal penting dalam membangun ekosistem ketahanan dan keamanan siber yang kuat, di tengah maraknya kasus kebocoran data. Kebocoran data umumnya berasal dari faktor eksternal dan internal

Solopos.com, JAKARTA – Kejahatan siber atau dunia maya makin mengancam saat ini dengan makin luasnya penggunaan teknologi informasi untuk berbagai keperluan. Karena itu sumber daya manusia, kebijakan, dan teknologi menjadi tiga pilar penting untuk menangkal serangan siber di era serba digital ini.

Presiden Direktur IBM Indonesia Tan Wijaya mengatakan kebocoran data umumnya berasal dari faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal berupa serangan siber di mana peretas berusaha menyerang sistem keamanan digital perusahaan dan mengambil keuntungan. Sementara faktor internal terjadi karena kelalaian atau kurangnya kesadaran SDM di lembaga, baik lembaga pemerintah, swasta, atau perusahaan. Faktor internal juga berkaitan dengan kebijakan lemah yang diterapkan sebuah institusi terkait keamanan data, yang membuat data mereka mudah bocor.

Berita Terpopular
Indeks Berita
Part of Solopos.com
Punya akun? Silahkan login
Daftar sekarang...
Support - FaQ
Privacy Policy
Tentang Kami
Kontak Kami
Night Mode