;

Kejagung Turun Tangan Periksa Kasus Perusakan Tembok Keraton Kartasura

Menghimpun informasi tentang kebenaran kejadian perusakan benteng
SHARE

Solopos.com, SUKOHARJO — Pejabat Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia serta sejumlah pejabat dari instansi lainnya meninjau tembok benteng Keraton Kartasura yang dijebol warga di Krapyak Kulon, Kelurahan/Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, Selasa 10 Mei 2022.

Direktur Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan pada Jaksa Agung Muda Intelijen Kejagung, Ricardo Sitinjak, menyebut pihaknya datang ke kawasan eks Keraton Kartasura untuk melakukan peninjauan terkait ketahanan budaya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Baca Juga: Babak Baru Kasus Penjebolan Tembok Keraton Kartasura, Ada Tersangka?

Kehadirannya untuk menghimpun informasi tentang kebenaran kejadian perusakan benteng. Dia mengatakan akan melakukan wawancara kepada beberapa pihak terkait. Ditanya terkait keputusan selanjutnya pihaknya menyebut masih menunggu petunjuk pimpinan.

Mengenai kemungkinan pidana, pihaknya menyebut apabila nanti menjadi berkas perkara, hal itu sudah menjadi ranah kejaksaan negeri atau tergantung level cagar budayanya.

Ada tahapan tertentu terkait apakah masuk unsur pidana atau tidak. PPNS Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, Harun Arrosyid, mengatakan gelar perkara akan dilaksanakan pada awal pekan depan.

Ekspedisi Energi 2022

Baca Juga: Tugu Tapal Batas Keraton Surakarta di Cawas Klaten Tak Terawat, tapi…

Mengenai hasil wawancara terperiksa pihaknya mengaku belum bisa menyampaikan hasil. Dia mengatakan dalam pekan ini akan ada koordinasi dengan beberapa pihak terkait kasus tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, pihak Kejagung juga meninjau lokasi benteng Keraton Kartasura (Cempuri Dalam).



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago