;

Keistimewaan Boyolali, Aneka Kuliner Lezat hingga Ikon Monumen Dunia

Kabupaten Boyolali dengan sederet keistimewaan terdiri atas 22 kecamatan yang dibagi lagi menjadi 261 desan dan 6 kelurahan.
SHARE
Keistimewaan Boyolali, Aneka Kuliner Lezat hingga Ikon Monumen Dunia
SOLOPOS.COM - Gedung Lembu Sora Boyolali. (Solopos-dok)

Solopos.com, BOYOLALI — Boyolali adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki segudang keistimewaan. Wilayah yang terletak sekitar 25 kilometer dari barat Kota Solo ini juga kondang dengan sebutan Kota Susu karena merupakan salah satu sentra terbesar penghasil sapi segar.

Kabupaten Boyolali dengan sederet keistimewaan terdiri atas 22 kecamatan yang dibagi lagi menjadi 261 desan dan 6 kelurahan. Pusat pemerintahan Boyolali berada di Kecamatan Mojosongo. Selain Mojosongo, kecamatan lainnya yang cukup strategis adalah Boyolali, Sambi, Ampel, Banyudono, Sawit, Mojosongo, Simo, Karanggede, Andong, Musuk, Cepogo, dan Selo.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Pengin tahu apa saja keunikan wilayah yang kini dipimpin Bupati Said Hidayat tersebut? Berikut keistimewaan Boyolali sebagaimana dihimpun Solopos.com dari sejumlah sumber, di antaranya wikipedia.org dan boyolali.go.id, Sabtu (21/5/2022):

1. Pemandangan Indah dan Memesona

Sebagian wilayah Boyolali terletak di kaki sebelah timur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang mempunyai panorama menawan. Jalur Solo-Boyolali-Cepogo-Selo-Borobudur (SSB) yang melintasi kedua gunung tersebut dipromosikan menjadi jalur wisata bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kecamatan Selo merupakan daerah peristirahatan sementara bagi para pendaki Gunung Merapi dan Merbabu.

Baca juga: Hidden Paradise! Ini 6 Rekomendasi Wisata Keren di Selo Boyolali

Wilayah Selo juga dikenal memiliki pemandangan menawan dan di lokasi itu kini terdapat berbagai pilihan tempat wisata. Seperti New Selo, Embung Manajar, Desa Wisata Semiran, Bukit Sanjaya, Oemah Bamboo, Alam Sutra Selo, dan sebagainya.

2. Mata Air Alami

Boyolali mempunyai wisata air dari sumber alami yang mengalir secara terus menerus dan sangat jernih, yakni di Tlatar (sekitar 7 km arah utara kota Boyolali) dan Pengging di Kecamatan Banyudono. Kedua tempat wisata air ini memiliki keistimewaan sendiri-sendiri. Tlatar lokasinya cukup luas dan memiliki beberapa pilihan kolam renang berikut tempat mancing dan restoran terapung.

Sedangkan di Pengging terdapat sejumlah kolam pemandian di mana dulunya merupakan tempat mandi keluarga Keraton Kasunanan Surakarta. Di sekitar Pengging dapat ditemukan bangunan-bangunan bersejarah serta makam pujangga Keraton Solo Raden Ngabehi Yosodipuro.

3. Agrowisata Sapi Perah

Kecamatan Cepogo ditetapkan menjadi lokasi agrowisata sapi perah. Jika ingin lebih ke atas ke dekat puncak Merapi dan Merbabu, di kawasan Kecamatan Selo terdapat Desa Wisata Samiran yang juga menjadi basis agrowisata sapi perah di Boyolali.

Baca juga: Dari Frasa “Bayawis Lali” Jadilah Boyolali, Ini Sejarah Unik Kota Susu

Jika Anda berkunjung ke Boyolali, sempatkanlah datang ke tempat pemerahan sapi yang terletak di Kecamatan Cepogo. Di sana, Anda dapat meminum susu yang masih segar hasil perasan peternak sapi, sekaligus hasil-hasil olahan susu, seperti keju, yogurt, kerupuk susu, stik susu, dan dodol susu.

4. Berjuluk Selandia Baru di Jawa

Boyolali bisa disebut pula nieuw Zeeland van Java Belanda menyebut Selandia Baru di Pula Jawa. Boyolali dikarenakan mirip dengan Selandia Baru terkenal sebagai negara produsen susu dan daging sapi, begitupula dengan Boyolali yang merupakan produsen susu terbesar di Pulau Jawa. Boyolali juga dikenal sebagai pusat daging sapi lokal, dengan Ampel sebagai tempat pemotongan hewan serta pusat produsen berbagai macam abon sapi.

5. Aneka Kuliner Lezat

Selain ragam penganan olahan dari susu sapi segar dan daging sapi, Boyolali juga dikenal dengan aneka hidangan nikmat seperti soto daging bening atau soto boyolali, sambal lethok/sambal tumpang, jenang pecel, mentho atau lentho, jadah bakar, marning, dan sebagainya.

Baca juga: Lika-Liku Usaha Tembaga Tumang, Bahan Baku Mahal Hingga Gagap Digital

6. Pusat Kerajinan Tembaga dan Kuningan

Desa Tumang yang terletak di Kecamatan Cepogo telah terkenal sebagai pusat perajin tembaga dan kuningan. Awalnya, para perajin hanya memproduksi perkakas dapur berbahan tembaga maupun kuningan. Seiring dengan perkembangan jaman, para perajin mulai mengembangkan keterampilan dengan membuat berbagai macam hiasan untuk interior rumah.

7. Aneka Ikon Monumen

Boyolali memiliki beberapa ikon monumen yang dibangun di pusat kota, meliputi gedung lembu sora atau patung sapi ndhekem, patung arjuna wijaya, menara jagung, monumen susu murni, serta taman tiga menara.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago