SOLOPOS.COM - Gunung Kukusan. (Jogjaprov.go.id)

Solopos.com, KULON PROGO — Gunung Kukusan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi saat berada di Kulon Progo, DIY. Gunung yang menyuguhkan keindahan sunrise atau matahari terbit berlatar 4 gunung ini menyimpan mitos yang dipercaya sebagian penduduk sekitar.

Gunung setinggi 800 Mdpl ini merupakan salah satu puncak di deretan Perbukitan Menoreh. Sementara secara administrasi gunung ini berada di 3 Kabupaten, yakni Magelang, Kulon Progo, dan Purworejo.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Gunung Kukusan ini pun disebut menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise di DI Yogyakarta. Pengunjung dapat mendapatkan pemandangan sunrise dengan cara berangkat setelah Subuh. Meski terbilang pendek, udara di gunung ini cukup dingin di pagi hari.

Untuk mengunjungi Gunung Kukusan di Kulon Progo ini, pengunjung harus menaiki beberapa tangga hingga ke puncak. Kurang lebih 200 m rute menuju puncak terdapat jalan setapak dan sedikit berpasir.

Baca Juga: Ternyata Ada Jalur Luna Maya di Kulon Progo, Begini Awal Mulanya

Perjalanan menuju puncak Gunung Kukusan berkisar 10 hingga 20 menit. Selama melakukan pendakian, pengunjung akan disuguhkan hamparan kebuh teh yang indah.

Gunung ini memiliki dua puncak bernama Puncak Kendeng dan Puncak Dempok dengan ketinggian yang berbeda. Menurut mitos yang beredar, nama puncak itu diperoleh dari nama bayi yang dikubur di puncak tersebut bernama Pangeran Kendeng.

Pangeran Kendeng diyakini masih memiliki hubungan erat dengan Pangeran Diponegoro. Di Puncak Kendeng ini terdapat batu menyerupai batu nisan yang dipercaya sebagai makam sang pangeran.

Apabila cuaca cerah, pengunjung di Puncak Gunung Kukusan, Kulon Progo, dapat melihat sunrise dengan latar 4 gunung , yakni Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Baca Juga: Mitos Putri Mayang Sari, Sosok Perempuan Cantik yang Sakti dari Jember

Dikutip dari laman Dinas Pariwisata DIY, jogjaprov.go.id, Senin (21/2/2022), untuk menikmati pemandangan dari Gunung Kukusan, pengunjung cukup merogoh kocek Rp3.000 untuk tiket masuk Desa Wisata Nglingo, dan Rp2.000 untuk tiket mendaki ke gunung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya