SOLOPOS.COM - Kepala Bidang Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jateng, Ramli H.S. (JIBI/Bisnis/Alif N.R.)

Keimigrasian, kasusnya kali ini terkait permintaan paspor di Jawa Tengah (Jateng) yang mengalami peningkatan sepanjang 2017.

Semarangpos.com, SEMARANG – Permintaan paspor di Jawa Tengah (Jateng) mengalami peningkatan sepanjang tahun 2017. Dari catatan Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jateng tercatat ada 235.213 paspor yang diterbitkan sepanjang 2017.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bidang Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jateng, Ramli H.S., menyebutkan jumlah penerbitan paspor di 2017 itu lebih banyak dibanding tahun 2016.

“Secara keseluruhan meningkat 0.05% dibanding tahun 2016 dengan jumlah sebesar 223.858 paspor,” ujar Ramli di Kanwil Kemenkumham Jateng, Semarang, Rabu (20/12/2017).

Ramli mengatakan peningkatan penerbitan itu terjadi karena pihaknya telah secara maksimal menerapkan sistem pendaftaran online. Sistem yang dinamai One Stop Service itu mengizinkan pembayaran paspor melalui perbankan dan pengiriman paspor melalui kerjasama dengan PT. Pos Indonesia.

“Karena tingginya masyarakat untuk membuat paspor membuat kami melakukan inovasi tersebut,” ujarnya.

Ramli menambahkan cara pembuatan paspor secara online itu dilakukan sebagai upaya meminimalisasi keterlibatan pihak ketiga atau calo. Pihaknya tidak ingin masyarakat menambah biaya lagi dalam membuat paspor dengan membayar calo atau perantara.

Dari catatan Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jateng, penerbitan paspor paling tinggi ada di Kota Semarang, yakni 68.950 paspor. Jumlah itu mengalami peningkatan dibanding tahun lalu, yakni 66.332 paspor.

Kenaikan tersebut merupakan yang tertinggi di antara enam wilayah penerbitan paspor di Jateng, yakni Solo, Cilacap, Pemalang, Pati dan Wonosobo.

Untuk tahun ini, Surakarta mencatatkan sebanyak 41.888 penerbitan paspor, disusul Pati dengan 33.347 dan Wonosobo sebesar 23.472. Ketiga daerah tersebut rata-rata mengalami peningkatan dalam penerbitan paspor dibanding tahun 2016.

Sedangkan dua wilayah lainnya justru mengalami penurunan dalam penerbitan paspor, yakni Cilacap dengan 32.002 paspor dan Pemalang dengan 36.568 paspor.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya