Kehabisan Kamar Jelang MotoGp Mandalika? Tenang, Ada Hotel Terapung

PT Pelni akan menyiapkan 4 kapal penumpang sebagai hotel terapung di perairan Lombok selama MotoGP musim 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022.
SHARE
Kehabisan Kamar Jelang MotoGp Mandalika? Tenang, Ada Hotel Terapung
SOLOPOS.COM - Salah satu kapal Pelni yang disiapkan untuk menjadi hotel apung dalam perhelan MotoGP Mandalika. (Istimewa/Website Indonesia.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — PT Pelni akan menyiapkan 4 kapal penumpang sebagai hotel terapung di perairan Lombok, tepatnya sekitar Pelabuhan Lembar, Lombok selama pelaksanaan MotoGP Mandalika musim 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022.

Masing-masing kapal berkapasitas 1.000 penumpang. Kapal-kapal itu akan berfungsi sebagai hotel terapung. Penonton MotoGP Mandalika dapat memanfaatkan sebagai tempat menginap.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika 2022, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, menyampaikan itu Kamis (13/1/2022), seperti dilansir laman indonesia.go.id, Minggu (16/1/2022).

Baca Juga : Jelang MotoGP, Pemkot Mataram Siapkan Rumah Warga Jadi Penginapan

Mantan Panglima TNI itu juga sudah mendapatkan kepastian 200 unit kapal pinisi berkapasitas masing-masing 12 kamar akan berlabuh di sekitar perairan Mandalika sebagai hotel terapung.

Ia memperkirakan sebagian penonton MotoGP Mandalika akan memilih Bali sebagai lokasi menginap. Apalagi jarak Bali ke Lombok hanya dipisahkan Selat Lombok.

Untuk memudahkan mobilisasi penonton MotoGP Mandalika, pihaknya telah menyiapkan 4 pelabuhan sebagai pintu masuk jalur laut. Tak hanya jalur laut, Hadi juga menyebut tentang layanan penerbangan menggunakan pesawat badan lebar sekelas Airbus A330 milik Garuda Indonesia sebagai commuter flight.

Baca Juga : Mulai Dijual Hari Ini, Begini Cara Beli Tiket MotoGP Mandalika 2022

Persiapan lain, 300 unit bus ukuran sedang juga disiapkan sebagai shuttle bus menuju kawasan sirkuit. Mereka ada di sejumlah titik, mulai dari pusat kota Mataram, Bandar Udara Internasional Lombok (BIL), dan kantong-kantong parkir.

Bus-bus tersebut tidak memungut biaya alias gratis. Terdapat dua kantong parkir, yakni Parkir Timur dan Parkir Barat di Sengkol. Daya tampung parkir di masing-masing tempat itu di atas 3.000 mobil.

Di kesempatan lain, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan pihaknya akan memastikan jumlah penonton MotoGP Mandalika yang sudah terverifikasi untuk disesuaikan dengan tingkat ketersediaan kamar.

Baca Juga : Presiden Puas dengan Persiapan MotoGP Mandalika

Sandi menyampaikan Kemenparekraf sedang mengupayakan optimalisasi rumah warga di sekitar sirkuit sebagai homestay atau sarana hunian pariwisata (sarhunta). Langkah itu untuk mengatasi kekurangan jumlah kamar.

Kemudian, Lanjutnya, penyediaan area kamping di sekitar sirkuit. Tak hanya itu, Sandi menuturkan Kemenparekraf bekerja sama dengan operator kapal pesiar (cruise) dan maskapai penerbangan.

“Nanti sebagai alternatifnya bisa diarahkan ke homestay, cabin, atau glamour camping, hingga cruise dan juga keterlibatan masyarakat setempat. Selain itu ada juga penerbangan shuttle dari Bali atau Surabaya, Banyuwangi, yang bisa dijadikan alternatif,” tutur Sandiaga dalam rapat sinkronisasi panitia nasional pendukung MotoGP di Mandalika, Selasa (11/1/2022).



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago