SOLOPOS.COM - Donor darah RRI (Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Kegiatan bakti sosial tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mendonorkan darahnya.

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harianjogja.com, JOGJA-Stasiun Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI) Jogja menggelar donor darah, Rabu (2/3/2016). Kegiatan bakti sosial tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mendonorkan darahnya.
Donor darah diikuti ratusan dari polisi, TNI, pegawai negeri, dan masyarakat. Hasilnya sebanyak 308 kantong darah dikumpulkan dari pendonor.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Stasiun LPP RRI Jogja, Saraswati mengatakan kegiatan bakti sosial serentak digelar RRI se-Indonesia. “Tiap tahun RRI mengadakan kegiatan sosial dua kali Maret dan September,” kata dia di sela-sela kegiatan donor darah.

Dengan kegiatan tersebut, Saraswati berharap dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berdonor darah, terutama pendonor pemula sehingga donor darah kedepannya bisa menjadi gaya hidup.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DIY Herry Zudianto yang hadir dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kegiatan donor darah yang dikemas dengan berbagai kegiatan dan hiburan dan perlu dicontoh oleh lembaga-lembaga lainnya. “Kalau donor darah banyak hiburannya pendoror jadi antusias,” kata Herry.

Mantan Wali Kota Jogja ini mengajak masyarakat untuk terus berdonor darah dan menjadikan kegiatan donor darah bagian dari kebiasaan. Sejauh ini diakui Herry pendonor darah di DIY cukup tinggi, bahkan tahun lalu berhasil mengumpulkan 66 ribu lebih kantong darah.

Namun memang saat puasa stok darah terkadang berkurang. “Biasanya H-7 puasa sampai H+7 kekurangan stok darah,” kata dia.

Selain banyak hiburan dan pasar murah, kegiatan donor darah di kantor RRI Jogja, Kotabaru ini, panitia juga menyediakan hadiah di antaranya kambing, kulkas, televisi, dan sepeda motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya