[ X ] CLOSE

Kedung Londo, Pesona Wisata di Pegunungan Kendeng Utara

Sungai yang ada di Kedung Londo masih jernih berwarna hijau dan biru, pengunjung yang datang sudah pasti akan tergoda untuk mandi di sungai tersebut.
Kedung Londo, Pesona Wisata di Pegunungan Kendeng Utara

Solopos.com, BLORA — Di kawasan pegunungan Kendeng Utara, terdapat pesona alam yang tersembunyi berupa sungai yang  masih alami dan asri. Kawasan sungai yang masih alami ini dijamin mampu mengganti energi negatif menjadi energi positif. Pesona yang tersembunyi bernama Kedung Londo, berlokasi di Desa Gayam, Kecamatan Bogorejo.

Mengutip Detik.com, Selasa (3/8/2021), karena merupakan pesona yang tersembunyi, tempat ini belum terlalu banyak dijamah wisatawan. Untuk menjangkau lokasi ini, dari pusat kota Kabupaten Blora, tepatnya dari alun-alun Blora, pengunjung dapat menuju ke arah Kecamatan Jepon terlebih dahulu.

Sesampainya di Kecamatan Jepon lalu ikuti petunjuk jalan menuju Kecamatan Bogorejo dan mengambil jalur Desa Gayam. Dari Desa Gayam, ikuti papan petunjuk menuju Bukit Pencu dan tidak jauh dari situ, ada papan petunjuk menuju Kedung Londo.

Baca Juga : Kisah Mistis Watu Nganten di Blora, Pengantin Baru Dikutuk Jadi Batu

Wisatawan dalam hal ini harus cermat mengamati papan petunjuk menuju Kedung Londo sebab papan tersebut terbuat dari papan potongan kayu jati yang hanya ditulis tangan dan ditempel di Pohon Jati.

Kawasan ini hanya bisa dilalui sepeda motor atau kendaraan roda dua dan saat sudah sampai di lokasi, pengunjung akan dimanjakan suasana hutan jati yang sejuk dan asri. Kemudian pengunjung harus mengikuti jalur setapak, jika sudah terdengar suara gemercik air berarti sudah menjadi pertanda pengunjung sampai di lokasi.

Sungai yang ada di Kedung Londo masih jernih berwarna hijau dan biru. Pengunjung yang datang sudah pasti akan tergoda untuk mandi di sungai tersebut. Selain itu, suara kicauan burung-burung semakin menguatkan pesona alam ini sebagai tempat yang layak dikunjungi.

Baca Juga : Ini Dia Fakta-Fakta Unik Seputar Kabupaten Blora

Keindahan alam yang dimiliki juga membuat tempat ini sangat Instagramable sehingga sudah pasti mengundang jiwa swafoto para kaum milenial. Jika ingin bermalam, pengunjung bisa mendirikan tenda berkemah di sekitar lokasi dan menikmati keasrian alam.

Sementara it, mengutip Liputan6.com, Kedung Londo merupakan aliran sungai alami yang lokasinya berada di tengah hutan. Airnya yang jernih dikelilingi bebatuan cadas besar dengan vegetasi yang padat membuat lokasi ini cocok untuk relaksasi atau sekedar bermain air

Pengunjung tidak dipungut biaya masuk ke kawasan wisata ini, cukup mengeluarkan uang Rp2.000 sebagai biaya parkir yang dikelola pemuda setempat. Sayangnya, tempat ini belum sepenuhnya mendapat perhatian Pemkab Blora. Untuk akses jalan masih banyak yang berlubang. Selain itu kelestarian alam disana juga terancam rusak dengan aktivitas penebanan ilegal di kawasan pegunungan Kendeng  Utara.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago