SOLOPOS.COM - Simpang Lima Gumul Kediri. (Twitter)

Solopos.com, KEDIRI — Kediri adalah kota kecil di Provinsi Jawa Timur yang termasuk daftar kota terkaya di Indonesia. Kota ini pun sedang menata diri menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk berinvestasi.

Siapa sangka kota yang terletak sekitar 130 km barat daya Kota Surabaya ini merupakan kota terkaya ketiga di Indonesia. Bukan tanpa alasan, kota ini menjadi wadah industri pabrik berskala besar seperti PT Gudang Garam Tbk.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tingkat kemakmuran masyarakat di Kota Kediri berada di level ketiga tingkat nasional setelah Jakarta Pusat dan Teluk Bintani. Dikutip dari laman resmi Pemkot Kediri, Berdasarkan survei yang dilakukan oleh BPS, angka PDRB Kota Kediri tahun 2018 mencapai Rp. 291,48 juta perkapita jauh lebih besar dari Surabaya yang hanya Rp132,48 juta perkapita. Hal ini merupakan angka yang besar untuk ukuran kota bukan metropolitan.

Selain memiliki pabrik rokok besar, geliat usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kediri juga terus berkembang. Dari data yang dirilis BPS, jumlah lapangan usaha sekunder di Kota Kediri mencapai lebih dari 80% atau yang paling tinggi di Jawa Timur. Kontribusi sektor usaha sekunder menyumbang pundi-pundi kekayaan di Kota Kediri juga bukan merupakan pekerjaan instan.

Baca juga: Pria Terkaya di Dunia, Elon Musk Beli Twitter Seharga Rp634 Triliun

Salah satu faktor yang mendukung perkembangan ini adalah dengan adanya Program Pemberdayaan Masyarakat (PRODAMAS). Melalui program ini, pemerintah Kota Kediri menyalurkan dana sebesar 50 Juta/Tahun/RT untuk mendukung pembangunan masyarakat hingga ke tingkat RT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya