Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal
Solopos.com|jatim

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Solopos.com, KEDIRI — Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mengampanyekan antirokok ilegal. Kediri mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal demi mencegah kerugian negara.

Pelaksana Tugas Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri Tintawati mengemukakan pemkot turut serta terlibat dalam kampanye untuk menggempur rokok ilegal ini dengan melibatkan industri kecil menengah (IKM), dengan lomba desain kaos.

“IKM clothing di Kota Kediri itu sangat kreatif, banyak inovasi yang mayoritas dimunculkan oleh para generasi-generasi millenial. Ini salah satu usaha kami untuk memberdayakan usaha dari para IKM clothing di Kota Kediri dan mewadahi kreatifitas mereka,” katanya di Kediri, Sabtu (12/6/2021).

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Konon Sombong & Angkuh

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri dengan Bea Cukai Kediri menyediakan hadiah total Rp20 juta untuk enam kriteria juara. Lomba untuk desain kampanye menggempur rokok ilegal itu dibuka hingga 18 Juni 2021.

“Bagi masyarakat Kota Kediri yang berminat untuk mengikuti lomba ini, pendaftaran masih terus kami buka hingga tanggal 18 Juni 2021. Bagi karya yang belum lolos sebagai pemenang, kami tetap akan memberikan apresiasi dengan memamerkan dalam ‘clothing expo‘. Rencananya acara akan dilaksanakan di Kediri Town Square sekaligus sebagai puncak acara lomba desain kaos ini,” kata dia.

Merugikan Negara

Bagian Hubungan Masyarakat Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kediri Hendratno mengemukakan keberadaan rokok ilegal, yaitu produk rokok tanpa pita cukai, pita cukai palsu, pita cukai berbeda atau pita cukai bekas merugikan negara karena menutup pendapatan dari sektor pajak. Ia menambahkan sosialisasi gencar dilakukan agar masyarakat semakin sadar pentingnya untuk menggempur rokok ilegal.

Untuk itu, perlu dibentuk suatu kewaspadaan masyarakat terhadap rokok ilegal dengan media yang kreatif sehingga menarik minat masyarakat untuk mengkonsumsi isi konten dari informasi tersebut. “Salah satunya melalui desain kaos ini, melalui kreatifitas dari para desainer, diharapkan dapat menghasilkan suatu karya yang eye-catchy, namun juga syarat akan pesan gempur rokok ilegal,” kata Hendra.

Dirinya berharap dengan kegiatan ini ke depan semakin banyak masyarakat yang menyadari tentang bahaya rokok ilegal.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago