SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Antara)

BANDUNG – Sebanyak 40 kali kecelakaan dengan korban tujuh orang tewas terjadi di wilayah Jawa Barat pada Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriyah, Minggu (19/8/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Terbanyak kasus kecelakaan pada Hari Lebaran di Garut dengan tujuh kasus kecelakaan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes (Pol) Martinus Sitompul, Senin (20/8/2012). Kejadian yang sebagian melibatkan kendaraan sepeda motor itu, menurut Martinus juga mengakibatkan 24 orang luka berat dan 22 orang luka ringan. “Selain korban jiwa dan luka, juga mengakibatkan kerugian materil senilai Rp44,8 juta,” katanya.

Sementara itu kejadian kecelakaan lalu lintas itu yakni di Garut tujuh kasus, Majalangka (6), Subang (1), Indramayu (1). Cirebon (1), Purwakarta (2). Kota Sukabumi (2), Kab. Sukabumi (3), Cimahi (2). Ciamis (4), Banjar (3) dan di wilayah Polrestabes Bandung sebanyak dua kasus.

Sementara itu total kecelakaan yang terjadi mulai 10-19 Agustus atau sepanjang pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2012 di wilayah Jawa Barat, terjadi 222 kasus Lakalantas. Sementara itu sebanyak 73 orang mengalami luka berat dan melukai 154 orang. Sedangkan total kerugian materi mencapai Rp394,9 juta.

Kejadian paling banyak, selain di Garut yang tercatat 36 kasus juga di wilayah Polrestabes Bandung 25 kasus, Subang 20 kasus, Majalanengka (12), Ciamis (17), Banjar (8), Sumedang (8), Cirebon dan Indramayu masing-masing tujuh kasus. Disusul Cianjur, Bogor dan Cianjur masing-masing enam kasus, Cimahi (9) serta sejumlah daerah lainnya di Jabar. Sebagian besar akibat kesalahan manusia yaitu kurang disiplin saat mengemudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya