Kecelakaan Maut di Boyolali, Ini Tips Agar Tak Mengantuk Saat Nyetir

Kanit Laka Satlantas Polres Boyolali, Ipda Budi Purnomo, menduga sopir minibus mengantuk atau kehilangan konsentrasi saat melintas di jalan tol.
SHARE
Kecelakaan Maut di Boyolali, Ini Tips Agar Tak Mengantuk Saat Nyetir
SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengantuk. (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO — Kecelakaan lalu lintas melibatkan mobil minibus Wuling bernomor polisi B 1997 ERV dan truk tak dikenal di Tol Boyolali km 482.600 jalur A Dusun Metuk, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali pada Senin (10/1/2022) malam.

Kecelakaan di Boyolali ini mengakibatkan tiga orang meninggal dan satu orang luka ringan. Kanit Laka Satlantas Polres Boyolali, Ipda Budi Purnomo, menduga sopir minibus mengantuk atau kehilangan konsentrasi saat melintas di jalan tol.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Mengantuk saat mengemudi tentu berbahaya, untuk itu perlu diantisipasi. Berikut tips mencegah ngantuk saat menyetir dikutip dari laman Nissan.

Istirahat Cukup

Biasanya melakukan perjalanan jauh sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Agar tidak mengantuk saat mengemudi, maka menjelang hari keberangkatan siapkan fisik sebaik mungkin dengan istirahat cukup.

Baca juga: Sopir Minibus Diduga Ngantuk, Ini Kronologi Tabrakan Maut Tol Boyolali

Tidak Konsumsi Obat Penyebab Kantuk

Bila kondisi badan Anda tidak sehat, jangan memaksakan diri untuk tetap menyetir setelah minum obat. Kebanyakan obat-obatan dapat mengakibatkan kantuk, terutama obat flu.

Putar Musik Irama Up Beat

Bila kantuk menyerang saat mengemdui, segera putar musik berirama up-beat di pemutar musik mobil Anda. Iramanya dapat membantu mata Anda tetap terjaga.

Baca juga: Yuk Kenali Tanda-tanda Air Radiator Mulai Berkurang

Teman Mengemudi

Ada alasan kenapa kursi di sebelah kiri pengemudi sering disebut kursi asisten. Karena diharapkan yang duduk di kursi itu dapat membantu untuk membaca peta, menyediakan minuman atau camilan. Serta yang utama adalah mengajak pengemudi bicara agar terhindar dari rasa kantuk.

Cari Tempat Istirahat

Musik berirama up-beat, tidak konsumsi obat, sudah ada teman ngobrol tapi tetap mengantuk? Berarti saatnya Anda butuh istirahat. Carilah rest area terdekat, luruskan kaki, lalu tidur dengan nyenyak.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago