SOLOPOS.COM - Truk gandeng berpelat nomor N 9381 UR yang mengangkut 15 ton kayu olahan bahan baku tripleks terguling di Jalan Lingkar Selatan, Lalung, Karanganyar, Sabtu (22/10/2016) siang. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Kecelakaan Karanganyar, kedua truk berjalan bersimpangan di jalur yang sempit dan bersenggolan.

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebuah truk gandeng yang mengangkut kayu olahan bahan tripleks terguling di Jalan Lingkar Selatan, tepatnya di tikungan sebelah utara Waduk Lalung, Karanganyar, Sabtu (22/10/2016) siang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tidak ada korban jiwa atau luka dalam insiden itu. Tapi lalu lintas di sekitar lokasi kejadian sempat tersendat. Butuh waktu beberapa jam untuk mengevakuasi badan truk karena berukuran cukup besar.

Informasi yang dihimpun Solopos.com di lokasi kejadian, kecelakaan terjadi sekitar pukul 14.45 WIB. Saat itu truk gandeng yang disopiri Momon Wibowo, 36, warga Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolonggo, Jawa Timur (Jatim), melaju lambat dari arah barat ke timur.

Dari arah berlawanan melaju truk trailer tanpa muatan. Lantaran badan jalan sempit, Momon memperlambat laju kendaraan, lalu mengambil posisi ke pinggir jalan.

Sedangkan truk trailer yang tak diketahui identitas sopirnya berusaha melalui jalur yang sempit. Bagian belakang truk trailer menyenggol bagian depan truk gandeng. Akibatnya bagian depan truk gandeng terperosok ke saluran irigasi, dan area persawahan.

Beruntung Momon dan kernetnya, Edy Suprapto, 30, warga Jati, Probolinggo, selamat. “Kalau truk gandeng kan tidak bisa mundur pak. Harusnya truk trailer yang mundur, kan tidak bawa muatan. Tapi dia tidak mau mengalah. Jadinya bagian belakang truk trailer menyenggol truk saya. Akhirnya kami terguling ke saluran irigasi sawah,” ujar Momon.

Begitu truk terguling, Momon dan Edy yang berada di bagian depan truk terjerembab. Mereka keluar sendiri dari truk lantaran saat kejadian tidak orang di sekitar lokasi kecelakaan. “Tidak apa-apa, tidak luka. Hanya dompet saya masih tercecer ini,” tutur dia.

Sedangkan Edy Suprapto menuturkan mereka dalam perjalanan dari Pasirian, Lumajang, Jatim. Sedianya bahan baku tripleks dikirim ke pabrik PT Prima Parquet Indonesia (PPI) di Popongan, Karanganyar. Mereka cukup sering lewat jalan tersebut.

Kasatlantas AKP Ahdi Rizaliansyah, Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, mengatakan evakuasi truk memakan waktu cukup lama lantaran besarnya badan truk dan muatannya. Dia mengimbau pengguna jalan selalu berhati-hati selama dalam perjalanan.

“Perhatikan rambu-rambu yang sudah kita pasang. Kita akan perbanyak lagi rambu-rambu yang dipasang. Kita akan bekerja dengan Pemkab untuk mencegah kecelakaan,” ujar dia didampingi Kanitlaka Ipda Maryadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya