SOLOPOS.COM - Polisi mendata kendaraan yang terlibat kecelakaan di simpang Jati Kencana, Tegalrejo, Kota Jogja pada Selasa (13/4/2021) pagi. (Harian Jogja/Yosef Leon)

Solopos.com, JOGJA -- Dua unit mobil dan lima sepeda motor terlibat kecelakaan karambol di simpang Jati Kencana, Tegalrejo, Kota Jogja pada Selasa (13/4) pagi. Insiden itu diduga terjadi karena salah satu pengemudi mobil dalam keadaan sakit. Polisi menemukan bekas luka infus di lengan korban yang mengemudikan mobil tersebut.

Salah satu pengemudi yang terlibat kecelakaan, Suryono,  menjelaskan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 07.45 WIB di persimpangan yang menghubungkan Jl. HOS Cokroaminoto, Jl. Godean, dan Jl. Kyai Mojo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat itu, dirinya mengendarai mobil Honda Civic bernopol AB 46 UM hendak melintas dari Jl Godean menuju Jl. Kyai Mojo dan tengah menunggu lampu lalu lintas yang menyala merah. Ada kendaraan lain yakni sepeda motor Honda Vario AB 3714 UI, Honda Supra AB 2800 EY, Honda Supra AB 2257 BW dan lainnya.

Baca Juga: Merapi Semburkan 3 Awan Panas, 17 Lava Pijar

Di saat bersamaan, mobil Toyota Kijang Innova bernopol K 8606 BN melaju dengan kecepatan tinggi dari arah yang berlawanan. Mobil tersebut, menurut Suryono, telah lebih dulu menabrak sepeda motor hingga terbang dan mengambil jalur yang berlawanan. Mobil itu lantas kembali menabrak kendaraan yang tengah menunggu di persimpangan di sebelah utara.

"Kebetulan kami berhenti waktu lampu merah. Posisi saya di belakang sedikit karena di depan ada banyak sepeda motor, tiba-tiba ada suara keras dari depan dan mobil Innova terbang menuju mobil saya," jelasnya.

Suryono yang juga pengajar di FKG UGM ini sontak kaget dan mobil Innova tadi kemudian juga menabrak secara beruntun sepeda motor dan mobil yang dikendarainya. "Pas jatuh di atas mesin mobil saya. Nabraknya motor dulu ada tiga atau lima yang di depan saya," tambah dia.

Terobos Lampu Merah

Dia menduga, pengemudi Innova itu kemungkinan mencoba menerobos lampu lalu lintas sebelum menyala merah. Selain itu, diketahui pula pengemudi Innova yang tidak disebutkan identitasnya itu baru pulang dari rumah sakit. "Katanya tadi pagi berobat gitu. Minum obat, tapi dia sendiri mengatakan enggak sadar" ujarnya.

Baca Juga: Ambisi Sleman Cetak 1.000 Petani Milenial

Akibat peristiwa itu bumper depan mobil yang dikendarai Suryono remuk. Sementara kaca depan mobil Innova hancur dan kendaraan roda empat lainnya ringsek. Polisi membawa sejumlah barang bukti tersebut ke Pos Polantas Gramedia guna kepentingan penyelidikan.

Kasubnit II Lakalantas Polresta Jogja, Aiptu Widianto, mengungkapkan peristiwa itu sempat mengakibatkan lalu lintas di sekitar lokasi macet total. Polisi kemudian mengalihkan arus lalu lintas ke jalan alternatif guna mengurangi kepadatan kendaraan.

Lebih lanjut, Widanto mengatakan tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Namun sejumlah korban disebut mengalami luka berat dan patah tulang hingga mesti mendapat perawatan medis di rumah sakit. Sejumlah korban pengendara lainnya disebut hanya mengalami luka ringan.

Dia menyebut, petugas di lapangan juga sempat melihat bekas luka infus pada lengan pengedara roda empat Innova. Namun, polisi masih mengumpulkan bukti-bukti lain dan memeriksa sejumlah saksi.

Baca Juga: Memasuki Pancaroba, 20 Talud di Bantul Rawan Longsor

"Ada enam korban dari insiden lakalantas tadi, empat boleh pulang dan dua lainnya masih opename dan dirawat di RSA UGM dan RS Panti Rapih," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya