[ X ] CLOSE

Kecelakaan Bos Indomaret: Pakai SUV Hyundai, Ini Fitur Keselamatannya

Bos Indomaret meninggal dalam kecelakaan di tol mengendarai SUV Hyundai yang memiliki fitur keamanan cukup.
Kecelakaan Bos Indomaret: Pakai SUV Hyundai, Ini Fitur Keselamatannya
SOLOPOS.COM - Mobil yang dikemudikan Direktur PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Yan Bastian tertimpa truk kontainer di Tol Cipularang arah Jakarta pada Sabtu (16/10/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Polisi menyebutkan kecelakaan di Tol Cipularang arah Jakarta, Sabtu (16/10/2021), mengakibatkan korban tewas yakni pengemudi SUV Hyundai. Belakangan diketahui pengemudi itu adalah Direktur PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Yan Bastian. Berikut fitur kemanana mobil SUV Hyundai.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Minggu (17/102021), ada dua jenis SUV atau Sport Utility Vehicle yang dipajang di laman Hyundai. SUV itu adalah Santa Fe dan Palisade.

Santa Fe

Pada jenis Santa Fe, Hyundai membekali disebut menggunakan smart technology used wisely atau dirancang untuk meminimalisasi faktor risiko di sekitar saat mengemudi. Mobil yang menyediakan tujuh kursi penumpang dan satu kursi sopir ini juga menggunakan teknologi surround view monitor atau SVM.

Baca Juga: Ini Data Tol Cipularang, Tempat Bos Indomaret Berpulang

Ada empat kamera HD yang terpasang pada sisi depan, samping dan belakang yang mana membuat pengemudi bisa melihat kondisi di sekeliling mobil.

Santa Fe juga dibekali sistem untuk mendeteksi tanda jalur untuk memantau posisi kendaraan tetap di jalur awal. Sistem ini bisa mengingatkan pengemudi jika mobil berjalan meninggalkan jalur tanpa lampu sein dan secara otomatis akan mengarahkan pengemudi kembali ke jalur semestinya.

Ada juga teknologi lane following assist atau LFA yang menempatkan kamera depan untuk mendeteksi garis marka serta kendaraan lain yang ingin mendahului dari samping.
Jika fitur ini aktif, steering assistance bisa memastikan pengemudi tetap berada di dalam garis marka.

Baca Juga: Mobil Tertimpa Truk, Bos Indomaret Meninggal di Tol Cipularang

SUV Hyundai Santa Fe juga dibekali rear cross-traffic collision-avoidance assist atau fungsi peringatan kepada pemudi jika terdeteksi ada risiko benturan dari sisi kanan dan kiri saat mobil dala posisi mundur.

Berikutnya, teknologi blind spot collision avoidance assist juga ada di mobil ini. Ini adalah sistem deteksi benturan dengan kendaraan dari sisi belakang saat pengemudi menyalakan lampu sein untuk pindah jalur. Sistem ini akan mengingatkan pengemudi jika ada risiko benturan dari sisi belakang saat keluar dari tempat parkir pararel.

Baca Juga: Yan Bastian Salah Satu Penentu Produk di Indomaret

Juga safe exit assist atau sistem yang ampu mendeteksi kendaraan mendekat dari sisi belakang saat penumpang di belakang membuka pintu hendak keluar mobil. Ada pula fitur keselamatan bernama forward collision avoidance assist yang mampu mendeteksi risiko benturan dari arah depan, seperti risiko ada pejalan kaki atau kendaraan tiba-tiba berhenti di depan mobil.

Berikutnya adalah fitur blind spot view monitor. Semua fitur di atas diterangkan hanya ada di signature.

Palisade

Hyundai Palisade dibekali enam sistem airbang dan sistem keamanan aktif dengan teknologi canggih. Teknologi itu adalah blind spot collision warning atau sensor radar di bumper belakang, safe exit assist, rear parkir distance warning, rear cross traffic collision warning.

Baca Juga: Bus-Bus di Indonesia Minim Fitur Keselamatan, Risiko Kecelakaan Tinggi

Seperti diberitakan sebelumnya, mobil SUV yang dikemudikan Direktur Indomaret Yan Bastian tertimpa truk kontainer yang terguling di Km 91 Tol Cipularang. Akibat tertimpa truk kontainer, mobil SUV Hyundai tertimpa dan pengemudi meninggal.

Ada delapan orang di dalam mobil tersebut. Polisi menyebut tujuh penumpang mengalami luka-luka.

Baca Juga: Fitur-Fitur Keselamatan Mitsubishi New Triton

“Di Hyundai delapan orang, pengemudinya yang meninggal, lainnya luka ringan dibawa ke RS Abdul Radjak. Mereka satu keluarga: mertua, anak, dan cucu,” kata Kanit Laka Satlantas Polres Purwakarta Ipda Jamal Nasir saat dihubungi, Sabtu (16/10/2021).



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago