[ X ] CLOSE

Kece Abis, Jip Mini Buatan Santri Jember Ini Bikin Kesengsem

Santri daria dua Ponpes di Jember berkolaborasi membuat mobil jip mini yang bisa dikemudikan.
Kece Abis, Jip Mini Buatan Santri Jember Ini Bikin Kesengsem
SOLOPOS.COM - Mobil Jip Mini buatan santri jember yang kece abis. (detik.com)

Solopos.com, JEMBER — Jika Anda berpikir santri hanya bisa mengaji dan menulis Arab, Anda salah besar. Ada santri yang tidak cuma bisa mengaji dan menulis Arab, tapi juga membuat mobil! Iya, mobil..mobil beneran.

Mereka adalah para santri dan Pondok Pesantren Raudotul Umum dan Pondok Pesantren Ponpes Sahlul Manal asal Jember, Jawa Timur. Tak seperti mobil muatan anak SMK. Mobil yang dibuat para santri ini juga unik. Mereka membuat jip dalam ukuran mini. Perbandingannya 1:5.

Hasil karya mereka jangan diragukan lagi. Terlihat mirip aslinya! Ada 4 model mobil jip mini yang sudah diproduksi, yakni Hardtop, Rubicon, Willys, dan Land Cruiser.

Mengutip detik.com, Pengasuh Ponpes Roudatul Ulum, Gus Nadhif Muhammad Mishbah, mengatakan pembuatan jip mini ini dilakukan di saat tidak ada kegiatan belajar atau mengaji di Pondok.

Baca Juga: Kisah Stik Sukun Pertama di Klaten, Pernah Tembus ke Taiwan & Australia

“Biasanya hari Jumat, Sabtu, atau Minggu. Pokok ada senggang waktu,” ujar Gus Nadhif di rumahnya, Sabtu (16/10/2021).

Mobil jip mini bikinan santri itu memiliki kelebihan dibanding dengan mobil aslinya. Yakni  lebih irit, karena menggunakan mesin 1000 cc. Juga bisa lincah untuk di jalan rawan macet.

“Kalau untuk dijalan padat atau macet lincah, karena sistem kemudinya sudah power steering, ringan banget. Bahkan Kalau mobil ini dibawa dengan kecepatan 100 km/jam masih bisa stabil. Sudah kita buktikan saat dibawa ke Situbondo,” ungkapnya.

Namun demikian, diakui oleh Gus Nadhif, masih perlu adanya penyempurnaan dari mobil mini jip yang dibuatnya bersama santri itu.

“Masih terus kita kembangkan, baik mesin, kenyamanan berkendara, faktor keamanan. Bahkan soal Hak Cipta dari mobil ini. Karena biar bawanya lebih enak. Untuk skalanya 1:5 dibanding mobil asli,” ucapnya.

Baca Juga: Bukan Kaleng-Kaleng, Pembuat Alga Klaten Lulusan Kampus Ternama

Gus Nadhif ingin meproduksi lebih banyak Jip Mini itu. “Tentunya agar kami bisa jual produk ini. Sebagai hasil kreatifitas santri dan kemampuan santri yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Tapi nantinya masih kami sempurnakan lagi,” tandasnya.

Modal

Lebih jauh ia mengatakan butuh modal sekitar hingga Rp50 juta untuk membuat Jip Mini dengan alam waktu pengerjaan sekitar 3 bulan. “Untuk biaya tersebut, paling mahal adalah untuk mendapatkan mesin mobil bekas Suzuki Carry. Karena kita masih belum bisa membuat sendiri mesin untuk mobil jip Mini ini. Kemudian bahan lainnya (milik mobil carry) dijual, ataupun bagian-bagiannya kita pakai untuk membuat kerangka, sasis mobil jip mini ini,” ujar Gus Nadhif.

jip mini buatan santri jember
Mesin jip mini menggunakan mesin Suzuki Carry. (detik.com)

Dalam pembuatan satu mobil mini jip, lanjut Gus Nadif, dibutuhkan peran serta 7 santri.

Baca Juga: Kreatif, Lulusan SMK asal Tanon Sragen Sulap Mobil Sedan Jadi Lamborghini

“Persiapan awal mesin mobil Suzuki Carry 1.000 cc biasanya produksi tahun 80-an. Kemudian membeli besi gelondongan untuk membuat sasis mobil dan rangkanya. Bahkan untuk detail bagian mobil kita benar-benar utamakan agar mirip aslinya. Untuk produksi awal. Kita bahkan pakai bodi casing CPU lama Dell itu. Karena pelat besinya tebal dan kuat,” jelas Gus Nadhif.

“Kemampuan santri di bidang las, baik alumni atau yang masih mondok kita berdayakan. Untuk membuat bodi mobil sampai ke engsel pintu secara detail. Bahkan bodi bagian-bagian lampunya kita bikin detail banget. Karena kan enggak ada di toko ukuran mini ini. Kalau yang lain spion atau lainnya beli,” sambung Gus Nadhif.

Lantas berapa harga jual Jip Mini itu?

Baca Juga: Garap Lamborghini KW Sejak 2018, Supriyanto Habiskan Rp75 Juta

“Untuk harga per unit kami jual Rp 125 juta. Untuk awal ada pesanan 2 unit, di Ponpes Tempurejo, dan satunya dari luar. Pesannya di online. Kita juga promosi di YouTube,” kata Gus Nadhif.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago