SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecap. (Freepik)

Solopos.com, PATI — Kecap manis khas Pati, Jawa Tengah, dikenal dengan kelezatannya yang tak tertandingi. Saus yang terbuat dari kedelai hitam ini memiliki rasa yang lebih manis daripada kecap dari wilayah lain di Indonesia.

Salah satu kecap paling paling terkenal dari Kota Bumi Mina Tani ini bernama Kecap Masak Ikan Lele. Lantas, apa istimewanya?

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Sama seperti kecap pada umumnya, komposisi saus khas Pati ini adalah kedelai hitam, gula, garam, dan aneka rempah pilihan.

Nugroho, salah seorang warga Pati yang berdomisili di Kota Solo, mengatakan, rasa kecap dari kampung halamannya itu jauh lebih lezat dan legit dari produksi pabrikan besar yang beredar di pasaran.

“Rasanya lebih manis dan teksturnya lebih kental dari kecap yang beredar di pasaran,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (29/8/2022).

Tekstur yang lebih pekat ini membuat kecap khas Pati cocok dijadikan cocolan beberapa camilan, seperti gorengan.

Baca juga : Ini Rahasia Tempe Gandul Pati yang Renyah Seperti Keripik

Rahasia Kelezatan

Berdasarkan penelusuran Solopos.com melalui beberapa sumber, Kecap Ikan Lele  khas Pati, Jawa Tengah sejak tahun 1954 oleh seorang pegusaha lokal keturunan Tionghoa bernama Go Tjwan Hok alias Pranoto.

Munculnya aneka merek kecap di pasaran saat ini ternyata tidak membuat kecap yang satu ini kehilangan pamor. Bahkan, kelezatan cita rasa kecap yang satu ini diklaim tidak tertandingi oleh buatan pabrikan.

Ternyata rahasia kelezatan kecap ini terletak pada proses produksi yang masih dilakukan dengan cara tradisional. Kecap ini diproses dengan bahan alami, tanpa pengawet dan pengental. Agar kecap bisa tahan lama, kecap ini menggunakan gula dan garam untuk pengawetnya.

Proses produksi yang masih sederhana itu membuat pemasaran kecap khas Pati sangat terbatas. Saus yang satu ini hanya dijual di kawasan Pati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya