SOLOPOS.COM - Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) yang berada di Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia. Meski demikian, dari 16 kecamatan yang ada di Kota Semarang ada satu yang disebut-sebut sebagai wilayah paling lengang atau tersepi.

Kota Semarang memiliki luas total area sekitar 373,38 km persegi, dengan kecamatan terluas ada di Gunungpati. Kecamatan Gunungpati memiliki luas wilayah mencapai 58,27 km persegi, atau 15,59 persen dari total luas area Kota Semarang. Sementara itu, kecamatan terluas kedua di Kota Semarang dipegang Kecamatan Mijen, dengan luas mencapai 56,52 km persegi.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Sedangkan, kecamatan tersepi atau paling lengang di Kota Semarang ditempati Kecamatan Tugu yang terletak di perbatasan sebelah barat Kota Semarang dengan Kabupaten Kendal.

Ekspedisi Mudik 2024

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) dalam buku bertajuk Kota Semarang Dalam Angka 2022, Kecamatan Tugu memiliki jumlah penduduk paling sedikit di Kota Semarang, yakni sekitar 32.948 jiwa. Sementara luas wilayahnya mencapai 28,13 km persegi, atau sekitar 7,52 persen total luas wilayah Kota Semarang.

Perbandingan luas wilayah dan jumlah penduduk itupun menjadi Tugu menjadi kecamatan tersepi atau paling lengang di Kota Semarang. Hal itu berdasarkan kepadatan penduduk Kecamatan Tugu yang berkisar 1.171 jiwa per km persegi.

Baca juga: Kecamatan Terkecil di Semarang, Luas 5,17 Km Persegi, Punya Banyak Mal

Mengutip laman semarangkota.go.id, Kecamatan Tugu terbagi dalam tujuh kelurahan, 33 rukun warga (RW) dan 180 rukun tetangga (RT). Ketujuh kelurahan itu yakni Jerakah, Tugurejo, Karanganyar, Randugarut, Mangkang Wetan, Mangunharjo, dan Mangkang Kulon.

Kendati menjadi kecamatan tersepi di Kota Semarang, Tugu merupakan daerah industri. Bahkan di Kecamatan Tugu terdapat Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) seluas 250 hektare yang telah berdiri sejak 1988 silam.

KIW merupakan kawasan yang menjadi tempat industri berbagai perusahaan. KIW dikelola PT KIW, yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) dan Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Baca juga: Kecamatan Terkecil Sukoharjo Jadi Titik Temu Segitiga Emas Jateng-DIY

Kendati demikian, kecamatan tersepi atau paling lengang di Kota Semarang ini juga menjadi salah satu daerah rawan banjir. Dikutip dari laman bpbd.semarangkota.go.id, daerah rawan banjir di Kecamatan Tugu berada di Kelurahan Mangkang Wetan, Tugurejo, Mangkang Kulon, dan Mangunharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya