Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Kecamatan Terpadat di Kota Jogja, Luasnya Kurang dari 1 KM Persegi

Berikut ini kecamatan terpadat dan tersepi di Kota Jogja menurut data BPS.
SHARE
Kecamatan Terpadat di Kota Jogja, Luasnya Kurang dari 1 KM Persegi
SOLOPOS.COM - Pertumbuhan kendaraan di Kota Jogja (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Solopos.com, JOGJA — Kota Jogja merupakan satu-satunya kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota Jogja memiliki luas wilayah sekitar 32,5 km persegi. Luas wilayah Kota Jogja hanya 1,02% dari luas wilayah Provinsi DIY.

Kota Jogja terdiri dari 14 kecamatan, yakni Mantrijeron, Kraton, Mergangsan, Uumbulharjo, Kotagede, Gondokusuman, Danurejan, Pakualaman, Gondomanan, Ngampilan, Wirobrajan, Gedongtengen, Jetis, dan Tegalrejo.

PromosiJos! Petani & Peternak Klaten Bisa Jadi Penopang Kedaulatan Pangan

Kota Jogja merupakan kota wisata dan kota budaya yang sangat padat. Sensus penduduk 2020 mencatat jumlah penduduk di Kota Jogja mencapai 373.589 jiwa. Dari total itu, 48,72% merupakan penduduk laki-laki dan 51,28% merupakan penduduk perempuan.

Dikutip dari Kota Yogyakarta Dalam Angka 2022 yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jogja, kecamatan paling padat dan paling ramai yakni Kecamatan Ngampilan. Di kecamatan ini satu kilometer persegi dihuni sebanyak 18.841 orang. Luas wilayah di Ngampilan ini hanya 0,82 km persegi.

Baca Juga: Waspada! 4 Anak di Jogja Jadi Korban Pelecehan Seksual

Di Kecamatan Ngampilan jumlah penduduknya hanya sebanyak 15.450 orang.

Sedangkan kecamatan paling renggang dan sepi di Kota Jogja ada di Kecamatan Umbulharjo. Di kecamatan ini satu kilometer persegi hanya dihuni 8.445 orang. Wilayah Umbulharjo memiliki luas 8,12 km persegi.  Untuk jumlah penduduk di kecamatan ini sebanyak 68.576 orang, ini menjadi kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak di Kota Jogja.

Profil Kecamatan Ngampilan

Kecamatan Ngampilan ini terdiri dari dua kelurahan yakni Kelurahan Notoprajan dan Kelurahan Ngampilan. Kecamatan ini memiliki 21 RW dan 120 RT.

Baca Juga: Ini Syarat Menjadi Abdi Dalem Keraton Jogja, Tertarik?

Kecamatan ini merupakan salah satu pusat perekonomian Kota Jogja. Banyak bangunan hotel berbintang hingga hotel melati yang ada di sini.

Profil Kecamatan Umbulharjo

Kecamatan Umbulharjo terdiri dari tujuh kelurahan yaitu Muja-Muju, Tahunan, Warungboto, Pandeyan, Sorosutan, dan Giwangan. Kecamatan ini merupakan wilayah pinggiran Kota Jogja. Di kecamatan ini terdapat Terminal Giwangan, selain itu juga ada puluhan totel berbintang dan hotel melati yang ada di kecamatan ini.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode