SOLOPOS.COM - Kawasan Kartasura dipotret dari gedung bertingkat. (Dok Solopos.com)

Solopos.com, SOLO — Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah merupakan kabupaten dengan luas wilayah terkecil di Soloraya. Memiliki luas 466,66 kilometer persegi, Sukoharjo memiliki 12 kecamatan. Lantas mana kecamatan terkecil di Sukoharjo?

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik dalam Kabupaten Sukoharjo dalam Angka 2022, kecamatan terluas di Kabupaten Jamu ini adalah Polokarto dengan luas 62,18 km persegi. Sedangkan kecamatan terkecil di Sukoharjo adalah Kartasura yang luasnya hanya 19,23 km persegi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Luas Kartasura ini hanya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan kecamatan tetangga di sebelah selatannya yaitu Gatak. Kecamatan Gatak menjadi kecamatan terkecil kedua dengan luas 19,47 km persegi.

Meski menjadi kecamatan terkecil di kabupaten yang punya slogan Makmur ini, Kartasura memiliki berbagai keunikan dan kekhasan. Berikut ini berbagai fakta-fakta menarik tentang Kartasura.

Asal Usul Keraton Solo

Keraton Surakarta merupakan pindahan pusat pemerintahan Mataram yang dulu berlokasi di Keraton Kartasura yang sekarang masuk wilayah administratif Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Babak Baru Kasus Penjebolan Tembok Keraton Kartasura, Ada Tersangka?

Perpindahan keraton ini dipicu pemberontakan yang membuat bangunan keraton hancur. Pada masa pemerintahan Pakubuwono II sekitar tahun 1727-1749, Kerajaan Mataram dilanda kerusuhan.

Setelah kerusuhan, Pakubuwono II dapat kembali ke Keraton Kartasura dan menduduki kembali takhtanya. Namun akibat penyerangan sebelumnyam Keraton Kartasura rusak berat.

Akhirnya, Desa Sala dipilih sebagai pusat pemerintahan baru menggantikan Keraton Kartasura yang saat ini jejaknya masih ada di kecamatan terkecil di Sukoharjo.

Paling Padat se-Sukoharjo

Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk Kartasura pada 2021 mencapai 115.521 jiwa. Jumlah penduduk Kartasura ini paling banyak kedua di Sukoharjo setelah Kecamatan Grogol. Jumlah penduduk Kartasura itu setara dengan 12,67% dari total penduduk Sukoharjo.

Baca Juga: Daftar Kota Satelit di Solo, Mana yang Paling Padat?

Menjadi kecamatan terkecil di Sukoharjo dengan jumlah penduduk yang cukup tinggi menjadikan Kartasura memiliki tingkat kepadatan penduduk paling tinggi se-Sukoharjo. Tercatat tingkat kepadatan penduduk di Kartasura mencapai 6.007 jiwa per km persegi. Artinya di tiap satu km persegi ada lebih dari 6.000 jiwa yang menghuni daerah itu.

Harga Tanah dan Rumah Tinggi

Kartasura merupakan salah satu daerah satelit Kota Solo karena berbatasan dengan Kota Bengawan. Ini menjadikan harga tanah dan rumah di kecamatan terkecil di Sukoharjo ini cukup tinggi.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com beberapa waktu lalu, di wilayah Kartasura, Sukoharjo ada rumah tipe 36 yang dijual dengan harga Rp800 juta. Rumah ini ada di Desa Singopuran. Disebutkan rumah ini memiliki luas tanah 94 meter persegi, memiliki dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan bisa menampung/carport dua mobil.

Baca Juga: Bikin Kaget, Harga Rumah Tipe 36 di Kota Satelit Solo Tembus Rp800 Juta

Rumah tipe 36 di Singopuran dengan harga Rp800 juta itu menjadi yang tertinggi bila dibandingkan rumah lain di wilayah kota satelit Solo. Di Kartasura, rata-rata rumah tipe 36 ditawarkan di rentang Rp200 juta sampai Rp300 juta. Seperti di Desa Ngemplak atau Gumpang. Rumah tipe 36 yang ditawarkan di kisaran harga itu memiliki luas tanah 60-70 meter persegi.

Segitiga Emas Jateng-DIY

Kartasura menjadi lokasi pertemuan tiga kota yang menjadi segitiga emas Jawa Tengah dan DIY. Simpang tiga Kartasura menjadi titik temu antara Semarang, Solo, dan DIY.

Kecamatan terkecil di Sukoharjo ini pun menjadi daerah strategis apalagi lokasinya tidak jauh dari pintu tol Colomadu. Saat tol Solo-Jogja selesai dibangun dan terintergrasi dengan tol Solo-Semarang (tol TransJawa), ini akan menjadikan Kartasura kian ramai.

Saat ini Kartasura menjadi daerah bisnis sekaligus perumahan. Ini pula yang menjadikan Kartasura diincar banyak investor.

Investasi yang disumbang Kartasura untuk Kabupaten Sukoharjo cukup tinggi. Nilai investasi Kartasura pada 2021 menduduki ranking tiga besar yakni mencapai Rp1.542.200.680.119.

Baca Juga: Ekonomi Berkembang Pesat, Segini Nilai Investasi Masuk ke Kartasura

Itulah potret Kecamatan Kartasura yang menjadi kecamatan terkecil di Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya