SOLOPOS.COM - Balai Kota Semarang yang lokasinya berada di wilayah Kecamatan Semarang Tengah. (semarangkota.go.id)

Solopos.com, SEMARANGKota Semarang di Jawa Tengah (Jateng) terbagi dalam 16 kecamatan. Dari 16 kecamatan itu, manakah kecamatan terkecil di Kota Semarang?

Mengutip buku Kota Semarang Dalam Angka 2022 yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Semarang, kecamatan terkecil di ibu kota Jawa Tengah (Jateng) itu berada di Kecamatan Semarang Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Semarang Tengah menjadi kecamatan terkecil di Kota Semarang dengan luas hanya sekitar 5,17 km persegi, atau sekitar 1,38 persen dari total luas Kota Semarang yang mencapai 373,78 km persegi. Luas wilayah Semarang Tengah ini pun kalah jauh jika dibandingan dengan Gunungpati, yang menjadi kecamatan terluas di Kota Semarang. Gunungpati memiliki luas wilayah mencapai 58,27 km persegi atau sekitar 15,59 persen total wilayah Kota Semarang.

Ekspedisi Mudik 2024

Kendati demikian, Semarang Tengah terbilang salah satu kecamatan terpadat di Kota Semarang. Dengan luas 5,17 km persegi, Semarang Tengah memiliki jumlah penduduk mencapai 54.696 jiwa.

Dengan demikian, setiap 1 km persegi wilayah Kecamatan Semarang Tengah terdapat sekitar 10.572 penduduk. Hal ini pun menjadi Semarang Tengah sebagai kecamatan keempat terpadat di Kota Semarang di bawah Semarang Timur, Candisari, dan Gayamsari.

Baca juga: Wali Kota Akui Kaji Pemekaran Kecamatan di Semarang

Selain itu, Semarang Tengah juga terletak di tengah atau pusat kota. Sejumlah kantor pemerintahan Kota Semarang pun berdiri di kecamatan tersebut, salah satunya adalah Balai Kota Semarang.

Kecamatan terkecil di Kota Semarang ini juga memiliki sejumlah destinasi wisata favorit seperti Museum Lawang Sewu, Masjid Agung Semarang, hingga Simpang Lima Semarang.

Kecamatan Semarang terdiri dari 15 kelurahan yakni Bangunharjo, Brumbungan, Gabahan, Jagalan, Karangkidul, Kauman, Kembangsari, Kranggan dan Miroto. Kemudian Pandansari, Pekunden, Pendrikan Kidul, Pendrikan Lor, Purwodinatan, dan Sekayu.

Baca juga: Kecamatan Terkecil Sukoharjo Jadi Titik Temu Segitiga Emas Jateng-DIY

Di wilayah kecamatan terkecil di Kota Semarang ini juga berdiri sejumlah pusat perbelanjaan seperti Mal Paragon, Ciputa Mall, Citraland Mall, DP Mall, dan Tentrem Mall.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya