SOLOPOS.COM - Gerbang Tol Bawen-Salatiga (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, SALATIGA — Kota Salatiga merupakan kota tertua di Provinsi Jawa Tengah atau Jateng. Memiliki luas wilayah sekitar 54,98 km persegi, Salatiga terbagi dalam empat kecamatan. Lantas manakah kecamatan di Kota Salatiga yang memiliki luas wilayah terkecil?

Mengutip Kota Salatiga Dalam Angka 2022 yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS), Kota Salatiga terbagi dalam empat kecamatan, yakni Argomulyo, Tingkir, Sidomukti, dan Sidorejo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari keempat kecamatan itu, Argomulya menjadi kecamatan dengan wilayah terluas yakni 18,14 km persegi. Sementara, Kecamatan Tingkir menjadi kecamatan terkecil atau memiliki luas wilayah paling sempit, yakni 10,43 km persegi.

Kendati terkecil, Kecamatan Tingkir merupakan wilayah yang kaya akan potensi alam dari sektor pertanian. Kecamatan Tingkir bahkan memiliki lahan sawah paling luas dibanding tiga kecamatan lainnya, yakni sekitar 295 hektare, atau sekitar 47% dari total luas lahan sawah yang ada di Kota Salatiga, yakni 626,7 hektare.

Selain itu, kendati menjadi kecamatan terkecil di Salatiga, Tingkir juga merupakan daerah terpadat. Data Sensus Penduduk 2021 menyebutkan jumlah penduduk Kecamatan Tingkir mencapai 46.341 jiwa, atau BPS Kota Salatiga menyebutkan Kecamatan Tingkir memiliki jumlah penduduk mencapai 46.341 jiwa, atau sekitar 23,9 persen total penduduk Kota Salatiga yang mencapai 193.525 jiwa.

Baca juga: Pecel Keong, Kuliner Unik Khas Salatiga

Namun kepadatan penduduk di Kecamatan Tingkir mencapai 4.443 jiwa per km persegi. Jumlah tersebut paling besar dibanding tiga kecamatan lainnya yakni Sidorejo yang tingkat kepadatan penduduk mencapai 3.372 jiwa per km persegi, atau Argomulyo yang mencapai 2.756 jiwa per km persegi, dan Sidomukti yang mencapai 4.125 jiwa per km persegi.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No.69/1992, sejumlah wilayah di Tingkir sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Semarang. Namun, setelah keluarnya PP yang mengatur batas wilayah Salatiga dengan Kabupaten Semarang itu, ada sekitar 13 desa di Kabupaten Semarang yang dipindah ke Salatiga.

Tingkir pada awalnya hanya terbagi dalam enam kelurahan. Namun pada tahun 2015, Kecamatan Tingkir terbagi dalam tujuh kelurahan yakni Gedongan, Kalibening, Kutowinangun Lor, Kutowinangun Kidul, Sidorejo Kidul, Tingkir Lor, dan Tingkir Tengah.

Baca juga: Salatiga Kota Terindah di Jawa Tengah Sejak Zaman Kompeni

Meski menjadi kecamatan terkecil, Tingkir juga memiliki sejumlah objek wisata yang menjadi andalan di Salatiga. Salah satunya adalah objek wisata pemandian umum Kalitaman. Selain itu, di Kecamatan Tingkir juga terdapat terminal bus Salatiga, serta gerbang tol Salatiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya