Kecamatan dan Kelurahan di Solo Siap Terapkan Papi Sarimah, Tapi...

Sejumlah kecamatan dan kelurahan di Kota Solo mendukung rencana penerapan program Papi Sarimah, tetapi mereka menunggu regulasi dan juknis.
SHARE
Kecamatan dan Kelurahan di Solo Siap Terapkan Papi Sarimah, Tapi...
SOLOPOS.COM - Warga menimbang sampah yang telah dipilah di RW 013 Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Solo. Foto diambil belum lama ini. (Istimewa/Siswati)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah kecamatan dan kelurahan di Kota Solo mendukung ajakan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, terkait rencana penerapan program pengelolaan sampah Solo, yakni Paksa Pilah Sampah dari Rumah (Papi Sarimah).

Namun, mereka meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menerbitkan regulasi dan petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan program yang melibatkan masyarakat. Sebelumnya, program Papi Sarimah diawali di Kecamatan Banjarsari.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Baca Juga : Gibran Puji Papi Sarimah Banjarsari, Kecamatan Lain Diminta Meniru

Program itu, menurut Gibran, akan mendukung rencana proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Solo yang direncanakan beroperasi pada 2023.

Sejumlah pihak di tingkat kecamatan dan kelurahan mendukung program Papi Sarimah. Salah satu dukungan diungkapkan Camat Serengan, Agung Wijayanto.

Dia mengatakan akan mendukung kebijakan Pemkot Solo yang bermanfaat bagi masyarakat. “Inovasi dan kebijakan yang arahnya mempunyai nilai manfaat kepada masyarakat akan selalu di-support total,” kata Agung saat dihubungi Solopos.com, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga : 2 Tahun Lagi, Semua TPS Sampah di Kota Solo akan Hilang

Namun, Agung menyinggung perlu ada regulasi yang kuat guna mendukung penerapan program yang melibatkan masyarakat. Selain itu, petunjuk teknis (juknis) juga mendukung pelaksana kebijakan agar melaksanakan secara maksimal.

“Kebijakan perlu adanya regulasi yang mempunyai kekuatan hukum dasar yang kuat sehingga pelaksana kebijakan bisa melaksanakannya secara penuh,” imbuh dia.

Dukungan serupa disampaikan Camat Jebres, Ari Dwi Daryatmo. “Selagi kebijakan itu baik, baik untuk lingkungan di kecamatan dan kelurahan tetap mendukung,” tutur Ari saat ditemui Solopos.com, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga : Sanksi Berlaku, Masih Ada Saja Warga Banjarsari Solo Tak Pilah Sampah

Hal senada disampaikan Lurah Pucang Sawit, Kecamatan Jebres, Yosef Fitrianto. Ia mendukung apabila Papi Sarimah akan diterapkan di seluruh kecamatan di Kota Solo.

“Nggih [iya], tentunya kami sebagai pemangku wilayah [kelurahan] akan mendukung setiap kebijakan dari pemerintah kota.”



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago