SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — Pemkab Wonogiri membutuhkan waktu sekitar 72 tahun lagi untuk memenuhi kebutuhan listrik di seluruh Kabupaten Wonogiri. Di sisi lain, target pemerintah secara nasional untuk memnuhi kebutuhan listrik secara merata di Indonesia saat berusia 75 tahun atau pada 2020.

Kepala Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (PESDM) Wonogiri, Arso Utoro, mengatakan target itu cukup berat jika hanya mengandalkan dana dari APBD kabupaten.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Target itu cukup berat, tetapi apabila dibantu dari berbagai pihak, maka bisa lebih ringan. Kami memang membutuhkan penanganan segera untuk pemenuhan kebutuhan listrik ini,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Jumat (15/3/2013).

Terpisah, Kabid Geologi Air Tanah dan Energi, Eko Septaningsih, mengatakan anggaran yang ada dari APBD kabupaten saat ini hanya bisa digunakan dua titik.

“Anggaran dari APBD rata-rata Rp700 juta/tahun. Dulu, bisa untuk perluasan lima sampai enam titik. Tapi, saat ini hanya bisa untuk dua titik,” katanya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat.

Menurutnya, hal itu dipengaruhi lokasi yang berada di pegunungan dan lereng bukit dengan jarak tiang rata-rata ratusan meter hingga ada yang 2,8 kilometer. Jarak itu dihitung dari titik tiang listrik terdekat dengan wilayah yang belum dialiri listrik.

Saat ini, lanjut dia, masih ada 145 dusun di 52 desa/kelurahan di 16 kecamatan yang belum dialiri listrik dengan jumlah penduduk sekitar 3.700 jiwa.

“Masih ada sekitar 19% wilayah di Wonogiri yang belum dialiri listrik. Di antaranya Pracimantoro, Batuwarno, Baturetno, Eromoko, Giriwoyo, Wuryantoro, Tirtomoyo, Selogiri dan Karangtengah. Bahkan, di Kecamatan Wonogiri juga ada dusun yang belum dialiri listrik,” ujarnya.

Ia menyatakan anggaran Rp700 juta tersebut paling banyak digunakan pengadaan tiang dan kabel karena setiap 50 meter harus diberi satu tiang.

“Kalau letaknya di bukit, jumlah tiang bisa lebih banyak lagi. Ada yang setiap 35 meter, 40 meter atau 45 meter harus dipasang tiangnya,” imbuhnya.

Eko mencontohkan seperti di Dusun Gunung Wangunan di Desa Gedongrejo, Kecamatan Giriwoyo. Jarak tiang listrik terakhir ke wilayah itu sejauh 2.800 meter, sehingga membutuhkan sekitar 56 tiang listrik dengan jarak antartiang 50 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya