SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengisi BBM. (Solopos/dok)

Solopos.com, JOGJA — Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga memprediksi akan ada peningkatan kebutuhan energi khususnya BBM, LPG, dan avtur, selama momen Natal dan Tahun Baru (Nataru). Berbagai langkah antisipasi pun dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut.

Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, diprediksi untuk konsumsi konsumsi produk di DIY untuk gasoline seperti Premium, Pertalite, Pertamax hingga Pertamax Turbo akan naik 10%. Konsumsi pada masa normal 1.702 Kiloliter (KL) perhari dan saat Nataru 1.877 KL/hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selanjutnya untuk konsumsi gas rumah tangga atau LPG diprediksi mengalami peningkatan 5%. Di mana dari 459 Metrik Ton (MT) perhari menjadi 482 MT/hari. Sementara itu, untuk konsumsi gasoil atau Pertamina Dex, Dexlite dan Bio Solar diprediksi mengalami penurunan 1%, yakni dari 442 KL/hari menjadi 437 KL/hari.

Penggunaan Avtur saat nataru di DIY diprediksi juga mengalami kenaikan 5% untuk Bandara Adisucipto dari 210 KL menjadi 221 KL perhari. Sedangkan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) naik 29%, dari 41 KL/hari saat normal menjadi 53 KL/hari saat nataru.

Baca Juga: Lagi Turun Sis, Cek Yuk Harga Emas di Pegadaian Kamis 16 Desember 2021

“Prediksi ini melihat dari tren tahun sebelumnya, dan dibandingkan rata-rata harian. Untuk avtur, di Jogja ini kan Kota wisata, jadi banyak penerbangan ke Jogja maupun dari Jogja, jika melihat tren sebelumnya,” ucap Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga Brasto Galih Nugroho, Rabu (15/12/2021) seperti dilansir Harian Jogja.

Brasto memastikan kebutuhan yang ada, akan terpenuhi. “Kami pastikan stok dalam kondisi sangat aman. Proses distribusi juga terus kami pantau melalui Pertamina Integrated Command Centre [PICC] dan dashboard digitalisasi SPBU. Untuk menjamin hal tersebut, kami juga kembali mengaktifkan satuan tugas Natal dan Tahun Baru [Satgas Naru] untuk memastikan seluruh kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik,” ucap Brasto.

Langkah Antisipasi

Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga telah melakukan beberapa antisipasi. Seluruh sarana dan fasilitas yang ada di wilayah operasi Jawa Tengah dan DIY, diantaranya 7 terminal BBM, 4 terminal LPG, 5 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), 978 SPBU, lebih dari 774 Pertashop, 116 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE), 758 agen LPG, dan lebih dari 60.000 outlet LPG telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat.

Selain itu, Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga kembali menyiapkan layanan dan fasilitas yang selama ini sudah ada dan tambahan semasa Satgas Naru, yaitu 239 SPBU Siaga di jalur lintas, daerah wisata, daerah konsentrasi Nataru, 7 SPBU Siaga di jalur tol, 86 Motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), 55 titik kantong BBM SPBU, 8 unit Pertashop atau SPBU modular di jalur Tol Trans Jawa, serta lebih dari 2.000 agen dan pangkalan LPG Siaga, layanan di 5 DPPU juga akan terus siaga memenuhi kebutuhan Avtur bagi seluruh maskapai penerbangan.

Baca Juga: Omicron Sudah Masuk Indonesia, Apa Dampaknya Bagi Ekonomi?

Bagi seluruh pelanggan setia, Pertamina Patra Niaga juga kembali disediakan loyalty program. Sepanjang masa Nataru, akan dilaksanakan program MyPertamina Fair, tukar tabung ke Bright Gas, promo layanan non-fuel retail (NFR) di beberapa outlet Bright Store, serta promo khusus untuk pembelian Fastron dan Enduro.

Sebagai upaya pengamanan penyaluran BBM, LPG, dan Avtur, PT Pertamina Patra Niaga juga melakukan berbagai koordinasi. Selain secara internal dalam memastikan stok, penambahan armada, serta kesiapan seluruh tambahan layanan, PT Pertamina Patra Niaga juga berkoordinasi dengan stakeholder, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, BPH Migas, Polri, Jasa Marga dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Telkom, serta perbankan untuk memastikan transaksi kebutuhan lembaga penyalur dapat tetap dilayani.

“Dengan seluruh antisipasi ini, kami imbau masyarakat tidak perlu khawatir, PT Pertamina Patra Niaga tetap siaga melayani kebutuhan energi masyarakat agar tetap terpenuhi dengan baik dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan kenyamanan masyarakat,” ucap Brasto.

Jika masyarakat membutuhkan informasi serta layanan PT Pertamina Patra Niaga selama masa Natal dan Tahun Baru, masyarakat dapat memanfaatkan layanan pelanggan Pertamina Call Center (PCC) 135 yang selalu siaga selama 24 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya