SOLOPOS.COM - Pembicara memaparkan materi dalam Talkshow FTI UKSW bersama Information dengan Information Systems Audit and Control Association (ISACA) Indonesia Chapter, beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Auditor teknologi informasi (TI) adalah salah satu profesi yang diperkirakan tumbuh paling cepat dengan perkiraan pertumbuhan 20 hingga 30 persen di tahun 2008-2018.

Bahkan, menurut Cable News Network (CNN) Money, organisasi mencari auditor TI profesional agar dapat menilai dan merekomendasikan cara untuk mengurangi dampak risiko teknologi saat ini.

Hal ini menjadi latar belakang diselenggarakannya acara talkshow bertajuk “An Early Path as an IT Auditor” Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana atau UKSW. Acara ini terselenggara atas kerja sama UKSW dengan Information Systems Audit and Control Association (ISACA) Indonesia Chapter belum lama ini.

Disampaikan Dosen Prodi SI sekaligus Faculty Advisor ISACA Student Group Agustinus Fritz Wijaya, S.Kom., M.Cs., kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka penyegaran dan memberikan motivasi kepada para mahasiswa mengenai profil lulusan sebagai auditor SI dan TI serta business analyst. Selain diikuti oleh mahasiswa, kegiatan ini dihadiri pula oleh dosen FTI.

Baca Juga: UKSW Gelar Konferensi Internasional Kupas Psikologi Multikultural

“Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa semakin termotivasi dan semangat dalam memperdalam ilmu khususnya pada mata kuliah-mata kuliah yang mendukung profil lulusan prodi,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, hadir sebagai pembicara President of ISACA Indonesia Chapter Syahraki Syahrir, S.E., AK., M.M., CISA., CISM., CDPSE., GRCP., GRCA, serta Senior IT Auditor Irfan Akbar, CISA., CISM., CISSP., CEH., ITILV3., TOGAF 9.

Dalam paparan materi yang disampaikannya, kebutuhan permintaan audit IT datang dari berbagai ancaman di antaranya kebobolan data, dan ancaman keamanan informasi.

Baca Juga: Creative Art Ministry, Ajang Unjuk Karya dan Kreativitas Warga UKSW

Menurut narasumber, beberapa teknologi yang paling diminati untuk dipelajari IT Auditor antara lain analitik prediktif, kecerdasan buatan, blockchain, pembelajaran mesin, dan robotic process automation.

“Mahasiswa dapat memanfaatkan perkuliahan dalam mata kuliah audit untuk mempelajari audit lebih dalam. Selain itu aktif dalam berbagai komunitas dan memperluas jaringan juga dapat membawa manfaat sebab seorang auditor akan banyak bekerja dalam tim ketika melakukan audit,” pesan Syahraki kepada mahasiswa.

Selain kegiatan talkshow, bersama Oracle and Alumni Visit, FTI juga mengadakan Kuliah Umum “How to Become a Database Administrator and Business Analyst” dan workshopTroubleshooting Oracle Database”.

Baca Juga: PIM UKSW Kembali Digelar, Jadi Ajang Gali Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa

Dihadiri oleh Oracle DBA Expert Hanson Hutabarat dan Business System Analyst PT Astra Sedaya Finance (ACC) Rahayu Prihantini, penggunaan database Oracle mulai dari tingkat basic sampai advanced dikupas oleh Rahayu dalam seminar kali ini.

Rekomendasi
Berita Lainnya