SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali M. Said Hidayat menanam pohon pada peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional dan Hari Menanam Pohon Indonesia 2021 di Kebun Raya Indrokilo, Mojosongo, Jumat (26/11/2021). (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALIBupati Boyolali M. Said Hidayat meminta keberadaan flora dan fauna endemik di wilayahnya didata. Upaya pelestarian flora dan fauna endemik ini bisa memanfaatkan Kebun Raya Indrokilo.

Bupati Said mengatakan Kebun Raya Indrokilo bisa menjadi habitat atau pusat perlindungan dan pelestarian flora dan fauna di daerah. Selain itu, ia juga menjadi pusat perlindungan dan pelestarian flora dan fauna langka termasuk di dalamnya ada edukasi dan rekreasi berwawasan lingkungan di Kabupaten Boyolali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini butuh dukungan masyarakat sekitar Kebun Raya Indrokilo. Upaya perlindungan dan pelestarian flora dan fauna serta penyediaan habitat yang sesuai, khususnya fauna endemik jenis burung. Sebab, habitat burung tidak dapat dibatasi hanya di area Kebun Raya Indrokilo saja,” kata Said, di sela penanaman pohon pada peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional dan Hari Menanam Pohon Indonesia 2021 di Kebun Raya Indrokilo, Mojosongo, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: Minim, Capaian Pajak Pengangkutan Galian C di Klaten

Ia berharap pemerintah daerah merespons dengan baik setiap upaya konservasi yang dilakukan banyak pihak. Hal ini membutuhkan dukungan dan kerja sama saling menguatkan terkait pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan dan lingkungan hidup yang baik.

“Pada dasarnya ini merupakan tanggung jawab kita bersama dan juga amanah dari anak cucu kita. Semoga gerakan ini dapat mendorong banyak pihak dan dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan berkelanjutan,” ujar dia.

Menurut Said, keberadaan flora dan fauna yang khas menjadi wujud keanekaragaman hayati yang luar biasa. Beberapa flora dan fauna ini menjadi khas lantaran habitatnya yang khusus, kelangkaannya, hingga latar belakang budaya yang melingkupinya. Kekhasan flora dan fauna ini menjadi kebanggaan untuk pelestarian dan pemanfaatannya.

Baca Juga: Kisah Guru Honorer Ikut Tes PPPK, Ada yang Lega Ada yang Masih Berjuang

“Marilah kita tingkatkan kepedulian, rasa cinta, dan kebanggaan terhadap flora dan fauna nasional dan daerah dengan mengupayakan perlindungan dan pelestariannya,” ajak Said.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya