SOLOPOS.COM - Ilustrasi oli sepeda motor (Astramotor.co.id)

Solopos.com, SOLO — Oli merupakan komponen penting pada kendaraan seperti sepeda motor, karena selain sebagai pelumas komponen mesin juga mencegah terjadinya gesekan agar tidak aus.

Mengingat pentingnya fungsi oli motor tersebut, maka jangan sampai oli dalam mesin berkurang. Kendati ada juga sepeda motor yang mengalami kebocoran oli.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada baiknya Anda mengengetahui penyebab oli motor bocor apa saja dan bagaimana sebaiknya untuk mengatasi hal tersebut.

Berikut informasi mengenai apa saja penyebab oli pada mesin sepeda motor berkurang atau bocor seperti dikutip dari Astramotor.co.id.

Ekspedisi Mudik 2024

1. Volume oli berlebihan

Dinding mesin motor biasanya memuat volume oli agar Anda bisa mengetahui ukuran yang pas volume oli yang dibutuhkan dalam mesin kendaraan.

Baca juga: Produk Baru Meluncur, Honda Vario 125 dan 150 Disuntik Mati?

Apabila oli yang terisi melebihi batas takarannya maka bisa menyebabkannya merembes sampai keluar.

2. Seal rusak

Seal pecah dan mengalami keretakan karena usia pakai dan terapapar panas terurs menerus bisa menyebabkan oli pada mesin bocor. Solusinya ganti seal tersebut dengan yang baru.

3. Packing Mesin Bocor

Penyebab oli pada mesin sepeda motor bocor lainnya bisa karena packing mesin motor yang bocor. Hal ini biasanya karena usia pakai sudah cukup lama karena usia motor yang sudah cukup lama.

Baca juga: Kamu Perlu Tahu, Kenapa Setir Mobil Indonesia di Kanan

Untuk segera cek kondisi berbagai macam komponen yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah packing mesin karena ia memiliki peran penting bagi kendaraan.

Karena jika oli dibiarkan bocor atau merembes begitu saja, lama kelamaan kuantitas oli dalam motor akan berkurang bahkan oli bisa habis seluruhnya. Tentu hal tersebut akan menghambat kinerja mesin dan membuatnya tidak maksimal dalam bekerja.

Oli yang bocor juga bisa saja mengotori lantai atau bahkan jalanan yang Anda lewati. Jika dalam jumlah besar, oli bocor ini juga akan berbahaya bagi pengendara lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya