SOLOPOS.COM - Kobaran api terlihat di tumpukan sampah TPA Mojorejo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah pada Rabu (25/8/2021). (istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo menyebut kebakaran yang menghanguskan sebagian lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mojorejo, Bendosari, Rabu (25/8/2021) lalu, diduga karena puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Karena itulah, DLH meminta para pemulung maupun warga yang beraktivitas di kawasan TPA untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Kepala DLH Sukoharjo Agustinus Setiyono, mengatakan kebakaran sampah pada Rabu petang harus menjadi peringatan bersama warga yang beraktivitas di kawasan TPA Mojorejo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kemungkinan dari puntung rokok yang dibuang lalu membakar sampah,” kata Agus ketika berbincang dengan Solopos.com, Kamis (26/8/2021).

Baca Juga: Kendalikan Hama Tikus, Petani Sukoharjo Andalkan Burung Hantu

Agus menuturkan kandungan gas metan pada tumpukan sampah sangat tinggi terutama saat musim kemarau. Kondisi itu ditambah kondisi suhu panas belakangan ini. Guna mengurangi suhu panas, Agus akan melakukan penyemprotan lahan TPA secara rutin.

Dengan demikian, sampah TPA tak mudah terbakar. Namun yang tak kalah penting bagaimana menjaga perilaku saat beraktivitas di kawasan TPA. Seperti tidak membakar sampah ataupun membuang puntung rokok sembarangan.

Sejumlah kasus kebakaran sampah di TPA Mojorejo selama ini terjadi karena warga membakar sampah lalu merembet ke lahan TPA. Kasus lainnya terjadi karena ulah warga membuang sisa puntung rokok sembarangan.

Baca Juga: Bisa Online, Pengurusan Izin Usaha di Sukoharjo Hanya 30 Menit

Tidak Merembet

“Kasus kebakaran besar TPA Mojorejo pada 2012 lalu contohnya terjadi karena ada warga bakar sampah di lahan tebu memudian merembet sampai ke TPA. Jangan sampai kasus kebakaran ini terjadi lagi,” kata Agus.

Beruntung kebakaran di TPA pada Rabu, kata Agus, tak membesar dan berhasil dipadamkan dengan cepat oleh Petugas Pemadam Kebakaran Sukoharjo. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 19.00 WIB dan tidak merembet ketempat lain.

Baca Juga: Kebakaran TPA Mojorejo Sukoharjo, 1.000 Meter Lahan Dilahap Api

Seusai kebakaran, DLH Sukoharjo menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan di lokasi kebakaran. Hasilnya diketahui luasan tempat pembuangan sampah yang terbakar hanya sekitar 150 meter persegi.

Volume sampah yang terbakar juga sedikit berkisar seratusan kilogram. Ia mengatakan DLH Sukoharjo sudah memiliki tim dan alat sendiri di TPA Mojorejo, Bendosari, untuk penanganan kegawatdaruratan kebakaran. Petugas sudah dilatih langsung dari Damkar Satpol PP Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya