SOLOPOS.COM - Anggota Koramil Grogol, Sukoharjo, ikut membantu memadamkan api di bekas pabrik plastik di Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Kamis (18/5/2017). (Istimewa)

Kebakaran Sukoharjo, 14 kejadian kebakaran terjadi dalam lima bulan terakhir.

Solopos.com, SUKOHARJO — Sebanyak 14 peristiwa kebakaran terjadi dalam lima bulan pertama 2017 di Sukoharjo dengan kerugian mencapai Rp12,1 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari 14 peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Peristiwa kebakaran terakhir terjadi Kamis (18/5/2017) pagi di bekas pabrik plastik, Jl. Kencur, Dukuh Kwarasan, Desa Kwarasan, Grogol, Sukoharjo. Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Kabid Damkar) Satpol PP Sukoharjo, Margono, menjelaskan kebakaran di Kwarasan terjadi di lahan kosong.

“Warga tetap diminta mewaspadai kebakaran karena menjelang musim kemarau. Kami [damkar] juga terus mengadakan sosialisasi pemadaman api ke sekolah-sekolah,” katanya.

Informasi lain yang diperoleh Solopos.com, kebakaran di bekas pabrik plastik api membakar bekas plastik di tanah kosong. Peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 07.00 WIB dan satu jam berikutnya bisa dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran dibantu warga sekitar.

Anggota Koramil Grogol juga membantu pemadaman api di lokasi tersebut. Raharjo, warga yang ikut membantu pemadaman api, bercerita awalnya warga melakukan pemadaman agar api tidak merembet ke perumahan warga dan tempat indekos.

Menurutnya, api kali pertama diketahui Sumarjo, 56, warga Kwarasan, Grogol. “Saksi [Sumarjo] mengajak Darno, 45, warga Kwarasan lainnya, untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya sambil menunggu mobil damkar. Tak berapa lama mobil damkar dari Solo datang dan memadamkan api yang semakin menyala besar. Api dapat dipadamkan dengan satu unit mobil damkar,” ujarnya.

Margono mengatakan ke-14 lokasi kebakaran meliputi pabrik, rumah, hingga tumpukan barang bekas. “Peristiwa kebakaran terbanyak terjadi pada Januari sebanyak lima kejadian dengan kerugian Rp11,65 miliar. Maret kosong tetapi Februari ada satu peristiwa kebakaran dengan kerugian senilai Rp30 juta. April peristiwa kebakaran terjadi di tiga tempat dengan kerugian senilai Rp20 juta dan Mei terjadi lima tempat dengan kerugian Rp487,5 juta lebih. Total kerugian akibat kebakaran senilai Rp12,1 miliar lebih,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya