SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Antara)

Kebakaran Sragen kali ini telanjur menghanguskan sebuah rumah sebelum mobil pemadam kebakaran (damkar) datang.

Solopos.com, SRAGEN — Rumah Sutarno, 50, di Dusun Kaliyoso, Desa Jetis Karangpung, Kalijambe, Sragen, ludes dilalap si jago merah dalam musibah kebakaran yang terjadi, Senin (3/8/2015) siang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dihimpun Solopos.com menyebutkan musibah kebakaran itu kali pertama diketahui tetangga korban, Muhammad Basyirul Rosyid, 40, sekitar pukul 12.00 WIB. Mengetahui ada kepulan asap keluar dari rumah korban, Basyirul lalu memberi tahu warga sekitar dan pemiliknya yang masih berada di dalam rumah.

Ekspedisi Mudik 2024

Korban dibantu warga berusaha menyelamatkan barang-barang berharga. Sembari menunggu bantuan dari petugas pemadam kebakaran tiba, warga sekitar berusaha memadamkan api dengan cara manual. Namun, api begitu cepat membesar membakar bangunan rumah yang sebagian besar terbuat dari bahan kayu.

“Tiga unit mobil pemadam kebakaran, masing-masing satu dari Gemolong dan dua dari Sragen tiba di lokasi sekitar 30 menit kemudian. Namun, api sudah telanjur menghanguskan rumah seisinya,” kata Kasi Trantib Kecamatan Kalijambe, Agus Subagyo, saat dihubungi Solopos.com melalui telepon.

Agus menjelaskan tidak banyak barang-barang yang berhasil diselamatkan warga. Hanya kasur, dispenser dan kulkas yang berhasil dibawa ke luar rumah. Barang-barang berharga lainnya sudah ludes dilalap si jago merah. “Warga sudah tidak berani masuk rumah karena api sudah sangat besar. Warga juga berusaha menghalangi pemilik rumah supaya tidak masuk ke rumah karena terlalu berisiko,” ucap Agus.

Penyebab kebakaran diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik. Pemilik rumah mengaku tidak sedang menghidupkan kompor atau memasak di dapur sebelum terjadi kebakaran. “Kemungkinan api berasal dari konsleting kabel pompa air. Akibat kebakaran itu, korban mengaku mengalami kerugian materi sekitar Rp50 juta,” papar Agus. (Moh. Khodiq Duhri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya