SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghentikan kebiasaan merokok (Healthmeup.com)

Kebakaran Kulonprogo terjadi karena kelalaian manusia.

Harianjogja.com, KULONPROGO– Tertidur sambil merokok, sebuah rumah di Karangwuni terbakar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kediaman Parto Wiyono (80) di Pedukuhan Kebon, Desa Karangwuni terbakar pada Selasa (29/12/2015) sore, sekitar pukul 16.30 WIB. Diduga kebakaran ini disebabkan pemilik rumah tiduran sambil merokok. Bara api rokok tersebut kemudian jatuh ke atas bantal yang memicu api membesar.

Pemilik yang sadar kemudian segera berusaha menyelamatkan diri setelah api membesar. Warga sekitar kemudian berhasil memadamkan api dengan bantuan peralatan mesin pompa air. Sekitar 40% bangunan rumah dari kayu tersebut serta sebagian perabotan rumah tangga ludes dilahap api.

Kakek pemilik rumah sendiri berhasil menyelamtkan diri. Sunardi (40), tetangga sekitar yang juga Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo menyatakan jika pemilik rumah tersebut saat ini tinggal seorang diri. Istrinya sudah meninggal dan anak-anaknya merantau bekerja di luar daerah.

Penyebab kebakaran sendiri yang bersumber dari api rokok jatuh ke bantal telah dipastikan oleh BPBD Kulonprogo. “Api berhasil dipadamkan oleh warga sekitar menggunakan mesin pompa air. Masih ada bekasnya asal api dari bantal yang terbakar ,” jelas Sunardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya